Oksigen Sensor Mitsubishi Mirage Rusak Penyebab Engine Mbrebet


Gambar diatas merupakan sensor yang ada pada kendaraan injeksi.Letaknya berada di exhaust manifold atau bagian kanlpot di kendaraan.Dan berfungsi untuk memeriksa kondisi gas buang yang dihasilkan dari hasil pembakaran di dalam engine.

Semua kendaraan dengan type engine yang menggunakan system injeksi dipastikan menggunakan oksigen sensor.Dan gambar diatas merupakan type oksigen sensor untuk kendaraan mitsubishi mirage.Pada kendaraan mirage ini mengalami cek engine menyala dan kadang-kadang terjadi trouble engine mbrebet.

Namun trouble ini tidak selalu muncul akan tetapi sesaat dan kadang-kadang.Sehingga untuk memastikanya sangat sulit dari sensor apa yang rusak.Setelah diketahui cek engine menyala dan dilihat dari scan ternyata oksigen sensor yang mengalami kerusakan.

Dilepas kemudian dibersihkan dan direset dengan scan bisa hilang akan tetapi setelah kendaraan berjalan dilakukan test drive trouble muncul kembali.Untuk harga oksigen sensor tipe mitsubishi mirage ini sangat mahal.Harganya bisa sampai 4 jtan namun kali ini jika sensor rusak bisa diaplikasikan dengan sensor kendaraan lain yang harganya cukup murah.

Kita dapat memakai oksigen sensor kendaraan mitsubishi colt t 120 ss yang harganya sangat tejangkau.Untuk socket memang berbeda namun bisa dipasang dengan cara melepas socket kabel dan dipasangkan di socket asli bawaan sensor.

Bila tidak bisa pin kabel dilepas dengan cara memotong kabel dan dipasangkan disocket asli sensor sehingga aplikasinya dapat dipasang dengan sempurna.Untuk menyambung kabel dipastikan sesuai dengan jalur wiringnya karena jika salah akan merusak sensor dan engine control unit.

Setelah pemasangan dengan merubah socket kabel maka setelah engine hidup cek dengan  memeriksa menggunakan scan periksa nilai yang keluar dari sensor.Jika nilai naik sesuai dengan perubahan rpm engine maka pemasangan kabel sudah benar.Berbeda jika nilainya nol maka dipastikan ada salah pemasangan kabel.

Komentar