Pentingnya Melakukan Penggantian Oli Mesin Secara Rutin Pada Mobil


Informasi tentang seputar otomotif kali ini membahas bagaimana tentang merawat kendaraan.Dalam kata lain selain merawat dengan memberihkan body kendaraan juga dilakukan service rutin.Karena setiap kendaraan memerlukan pemeriksaan secara berkala.

Selain service juga perlu dilakukan penggantian oli mesin secara berkala yaitu setiap 5000 km atau setiap 10.000 km.Seperti terlihat pada engine dibagian carter penampung oli saat dilakukan pemeriksaan kebocoran oli terlihat menggumpal seperti lumpur.

Untuk memeriksanya selain dengan membongkar carter busa juga dengan membuka tutup pengisian oli mesin.Pada bagian mekanisme valve apakah timbul seperti lumpur ketika tangan kita dimasukan ke dalam komponen part valve tersebut.

Hal ini terjadi bisa jadi karena penggantian oli mesin tidak dilakukan secara rutin sehingga kotoran akan selalu terkumpul didalam carter.Atau pemakaian oli mesin yang salah bisa menyebabkan hal demikian.Untuk itu selalu gunakan oli mesin yang genuine part dari dealer atau gunakan oli mesin dengan merk yang banyak dijual di toko spare part.

Kotoran yang selalu terkumpul lama kelamaan akan semakin banyak dan dapat membuat bercampur dengan oli mesin.Saat bergesekan komponen part akan ada kotoran dalam oli yang ikut bergesekan sehingga keausan akan semakin lebih cepat.

Jadi jangan sampai telat melakukan penggantian oli mesin karena efeknya sangat fatal dan menyebabkan kerusakan part yang lebih cepat.Dengan oli mesin yang baru maka fungsi pelumasan akan tetap terjaga sehingga komponen yang bergesekan akan menjadi lebih awet.

Komentar