Penyebab Rocker Arm Patah Di Valve mekanisme Pada Kendaraan Mitsubishi L300


Pecinta otomotif kali ini mungkin anda sudah mengerti apa yang ada dalam pikiran tentang gambar di atas.Komponen ini adalah mekanisme katup pada kendaraan over head camshaft.Dimana part ini berfungsi untuk menekan mekanisme katup pada engine.

Gambar tersebut merupakan rocker arm pada sebuah mekanisme katup di engine.Terlihat rocker arm yang terbelah menjadi dua bagian karena ada permasalahan di engine.Kali ini saya akan membahas tentang rocker arm yang patah menjadi dua.

Kemungkinan apa yang terjadi sampai part tersebut menjadi rusak.Karena komponen ada di atas yaitu bagian cylinder head.System mekanisme ini menggunakan sebuah timing belt untuk menggerakan mekanisme valvenya.

Ini terjadi pada kendaraan mitsubishi L300 yaitu jika timing belt putus maka yang pertama akan rusak adalah rock armnya.Untuk valve sendiri jika timing belt putus kemungkinan tidak akan terjadi kerusakan.Rocker arm

Tidak semua rocker arm mengalami kerusakan namun hanya beberapa yang rusak sehingga untuk menghindari seperti ini diperlukan perawatan secara berkala untuk penggantian timing belt.Timing belt diganti secara berkala setiap 100.000 km.

Sebaiknya untuk penggantian timing belt dilakukan penggantian set.Sehingga bearing atau tensioner jika tidak dilakukan penggantian bisa rusak dan menyebabkan komponen yang lainnya menjadi rusak.Kendaraan mitsubishi L300 menggunakan dua buah timing belt dan dua buah bearing tensioner.

Penggantian rocker arm yang patah bisa dilakukan secara terpisah tidak harus ganti secara set namun sesuai komponen part yang rusak.Bisa pada bagian yang rocker arm in atau rocker arm ex.Ganti dengan genuine part agar hasil kerja rocker arm untuk menggerakan valve dapat bekerja dengan baik.

Komentar