Salah Satu Penyebab Oli Atau Air Cooling System Rembes Dari Engine Fuso Colt Diesel Canter


Pada kendaraan colt diesel canter sering juga terjadi oli atau air rembes sekitar cylinder head.Baik itu dibagian sebelah kiri engine disekitar bagian atas injection pump dan sebelah kanan yang berdekatan dengan turbo.

Dari permasalahan ini jika dibiarkan maka akan terjadi kekurangan jumlah oli atau air di system pendingin engine.Hal itu akan sangat berbahaya karena jika kekurangan oli engine akan cepat aus dan timbul kerusakan.

Jika kekurangan air radiator di system cooling maka akan terjadi engine over heat.Hal ini dikarenakan perpak atau cylinder head gasket sudah rusak sehingga packingnya tidak mampu untuk menahan tekanan kompresi dari piston.

Meskipun baut cylinder head di torque ulang maka tidak akan menjadi perpak merapat kembali.Karena saat terjadi rembesan pernah aut cylinder head di kendorkan kemudian di kencangkan ulang.Namun trouble rembesan oli masih terjadi.

Cara Terbaik adalah mengganti perpak cylinder head dengan yang baru sesuai dengan ukurannya,Karena jika mengganti dengan ukuran yang tipis bisa jadi tekanan kompresi yang tinggi akan membuat perpak atau gasket rusak kembali.

Jika sudah dilakukan penggantian maka torque kembali sesuai dengan momen standart agar didapatkan hasil pengencangan yang maksimal dan baik.Karena baut cylinder head untuk beberapa kendaraan menggunakan type plastic regen.

Yaitu type baut yang menggunakan momen puntir dan kekencangan yang tidak sembarangan.Karena saat mengencangkan menggunakan sudut tertentu.Untuk itu gunakan buku petunjuk manual sesuai aturan jangan sampai terjadi baut rusak atau berubah bentuk karena momen yang salah.

Komentar