Akibat Salah Pemakaian Bahan Bakar Pada Kendaraan Dengan Engine Common Rail System


Sobat otomotif dalam artikel yang kali ini saya tulis akan membahas kendaraan diesel.Dimana sekarang ini kendaraan diesel sudah beinovasi dari system konvensional ke system electrical.Banyak dari kendaraan diesel baik itu mobil passanger atau truck sudah menggunakan engine diesel type common rail.

Semua system di kontrol secara electronic,tidak lagi menggunakan injection pump akan tetapi menggunakan supply pump.Begitu juga pada injectornya dikontrol sepenuhnya secara electronic.Sehingga perlu perawatan khusus dan lebih dari sekedar perawatan biasa.

Karena diesel system common rail maka pemakaian bahan bakar juga harus sesuai dengan regulasi dari pemerintah.Karena kendaraan common rail sudah masuk dalam kategori euro III,yaitu tingkat gas buang yang lebih bersih dari type engine diesel sebelumnya.

Terlihat pada gambar diatas adalah sebuah fuel filter yang sangat kotor dan hitam pekat.Hal ini dikarenakan kendaraan jarang melakukan perawatan berkala atau pemakaian bahan bakar yang salah.Jika kendaraan common rail menggunakan bahan bakar bio solar maka akan berakibat seperti ini.

Kandungan di bio solar berbeda dengan bahan bakar diesel dexlite.Dianjurkan menggunakan dexlite minimal untuk kendaraan diesel type common rail.Fuel filter yang kotor apabila dibiarkan maka penyaringan bahan bakar akan tidak sempurna.Kotoran halus dapat masuk kedalam supply pump dan akan menyebabkan keausan part.

Supply pump merupakan sebuah pompa yang sangat presisi untuk memompa bahan bakar menjadi bertekanan sangat tinggi.Jika pompa sudah aus maka tidak dapat memompa menjadi tekanan bahan bakar yang tinggi.Apabila hal ini terjadi maka engine tidak dapat hidup.

Komentar