Cara Mengoperasikan Start Stop Engine Pada Kendaraan Dengan Benar


Buat pemilik kendaraan pasti sudah mengerti tentang gambar tombol yang satu ini di kendaraan.Sebagian kendaraan tentunya dengan type tertinggi menggunakan system start engine seperti.Jadi tidak lagi menggunakan anak kunci namun cukup dengan menekan tombol tersebut.

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang cara start engine yang benar sesuai dengan fungsinya dikendaraan.Mungkin banyak yang salah saat start engine atau sudah mengerti cara yang benar.Bagi pecinta otomotif bisa jadi tambahan pengetahuan sehingga nantinya saat menemui kendaraan dengan model tombol engine seperti ini sudah mengetahuinya baik cara penggunaanya dan fungsinya.

Langsung saja semua kendaraan khususnya yang menggunakan kunci kontak ada posisi acc,on dan start.Semua kendaraan pasti sama untuk kunci kontaknya ada posisi seperti itu,begitu juga untuk one start stop system ( OSS ) seperti pada gambar ada posisi untuk acc,on dan start.

Sebelumnya kita mengoperasikan tombol tersebut driver harus membawa kunci yang biasanya berupa kotak persegi panjang.Karena tanpa itu maka di engine system tidak akan terdeteksi,dikarenakan didalam kunci trsebut ada data transporder  dan akan dikirimkan ketika system OSS aktif.

Setelah kunci kontak dibawa driver atau terjangkau oleh sinyal transporder maka engine dan system OSS dapat dioperasikan.Pertama dengan menekan tombol satu kali maka engine berubah dari posisi off ke posisi acc.Tombol tersebut akan ada lampu berwarna orange yang menandakan posisi acc.

Kedua adalah tombol tersebut ditekan kembali maka engine dalam posisi on,dan warna tombol tersebut ada indikator lampu berwarna hijau.Yang artinya engine dalam posisi on dan siap untuk distart.Ketiga adalah posisi untuk start,namun sebelum ke posisi start setelah langkah kedua tadi kita tekan sekali lagi tombol OSS maka akan berubah dari posisi on ke off.

Untuk ke posisi start engine setelah posisi kendaraan on maka kita perlu untuk menginjak pedal rem.Saat posisi on langsung kita injak pedal rem kemudian tekan tombol sekali lagi maka fungsi satrt pada engine akan berfungsi sehingga engine akan menyala.

Langkah ini adalah sesuai dengan prosedure yang benar dan kadang pemilik kendaraan tidak mengetahui prosedure seperti ini.Sering terjadi kendaraan posisi off kemudian langsung injak pedal rem dan menekan tombol OSS maka akan terjadi start engine kemudian engine menyala.

Hal ini tidak dibenarkan karena semua komponen terutama sensor harus siap dulu sebelum dilakukan start engine.Sensor yang dinyatakan sudah  siap ini adalah dialiri arus listrik yaitu pada posisi kunci kontak on.Jika sering melakukan injak pedal rem langsungt tekan tombol maka seperti engine dipaksakan untuk hidup dan artinya ada kesalahan data yang dikirimkan bebrapa sensor ke engine control unit.

Semoga bermanfaat dan lakukan sesuai prosedure yang benar agar tidak terjadi kerusakan pada kendaraan anda.Karena system electrical lebih rentan error karena kesalahan kecil dan salah satunya bisa terjadi karena fuse putus.

Komentar