Chip Hilang Pada Kunci Kontak Kendaraan Immobilizer System Ini Akibatnya


Sobat pecinta otomotif kali ini di artikel akan saya bahas tentang kunci imobilizer pada kendaraan.Hampir semua kendaraan saat ini keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan system tersebut.Mungkin banyak yang belum mengerti tentang system imoblizer pada kendaraan.

Hal yang sepele adalah kerusakan yang terjadi pada kunci kontaknya.Karena sering di taruh disaku dan terjepit sehingga pecah dan rusak.Bisa juga ditaruh diatas meja dan terkena sesuatu akhirnya kunci jatuh dan pecah pada rumahnya.

Jangan sepelakan tentang kunci kontak kendaraan anda yang sudah menggunakan system imobilizer.Karena sesungguhnya didalam kunci kontak terdapat sebuah chip yang berbentuk hitam kotak kecil persegi panjang.

Seperti terlihat pada gambar diatas yaitu chip terpasang pada rumahnya persegi panjang berwarna hitam.Chip ini sudah tertempel dirumahnya dengan sebuah lem dan perekat.Jadi tidak akan hilang apabila tidak kunci tidak rusak.Akan hilang terlepas dari rumahnya karena kunci kontak pecah karena terjatuh sehingga akan terlempar.

Apabila kunci rusak masih bisa menggunakan kunci kontak pengganti karena biasanya kendaraan baru dari pabrik ada dua buah kunci.Untuk itu jika ada kunci yang kedua sebaiknya di simpan baik-baik agar suatu saat diperlukan bisa untuk digunakan dalam keadaan darurat.

Berbicara tentang imobilizer yang ada pada kendaraan mitsubishi khususnya pada mitsubishi pajero sport.Gambar diatas adalah kunci kontak untuk pajero sport,apabila kunci rusak maka perlu kunci baru.Dan kunci tersebut bisa pesan di dealer resmi untuk kunci pengganti.

Kunci baru dapat digunakan setelah dilakukan registrasi imobilizer pada kunci baru.Apabila kunci baru di registrasi maka kunci lama juga perlu dilakukan registrasi ulang.Karena jika tidak diregistrasi ulang maka kunci tersebut tidak bisa digunakan.

Setelah semua diregistrasi menggunakan multi use tester ( MUT III ) maka kunci siap untuk digunakan.Saat registrasi diperlukan sebuah password agar saat registrasi dapat selesai dan sukse.Password yang salah maka proses registasi tidak akan berhasil dan kunci kontak tidak bisa untuk digunakan.

Komentar