Control Indikator Oli Mesin Menyala Pada Mobil Mitsubishi,Ini Salah Satu Penyebabnya


Kali ini Dunia Otomotif akan membagikan pengalaman tentang kendaraan mitsubishi colt t 120 ss yang mengalami masalah di system pelumasan engine.Waktu itu kendaraan datang ke bengkel karena engine mengalami masalah tentang konsumsi oli yang boros.

Dimana pemakaian oli mesin sering berkurang dan perlu ditambah setiap minggu.Ketika kendaraan di isi oli sesuai jumlahnya dan kendaraan dibuat untuk jalan beberapa hari.Dan setelah satu minggu jumlah oli mesin diperiksa ternyata berkurang banyak.

Maka kendaraan diperlukan engine over houle dan diganti part yang mengalami kerusakan.Ada bagian part seperti piston,ring piston dan bearing conecting rod,bearing crank shaft.Setelah semua di perbaiki dan proses pemasangan di kendaraan maka engine siap untuk distart.

Kendaraan sudah hidup namun pada control oli mesin tidak mau mati.Hal ini menandakan tekanan oli berkurang sehingga oli tidak bisa naik ke atas bagian cylinder head yaitu di system valvenya.Kemudian dilakukan pemeriksaan di filter oli dan masih kering tidak ada oli dari carter yang masuk kedalam oil filter.

Untuk itu langsung di eksekusi pemeriksaan pompa oli di engine.Setelah dibongkar terdapat bagian dalam pompa oli mengalami aus.Yaitu pada bagian dalam yang berhubungan dengan poros crankshaft.Hal ini mengakibatkan oli tidak dapat dipompa karena rumah pompa oli ke crankshaft sudah aus dan tidak dapat menempel dengan sempurna.Ada celah sehingga saat crankshaft berputar maka pompa oli tidak langsung ikut berputar satu putaran.

Pada mitsubishi colt t 120 ss type injeksi terutama engine 1500 cc untuk penggantian pompa oli tidak bisa hanya gearnya saja.Harus satu set dengan front case sehingga pembelian secara assy.Berbeda untuk mitsubishi colt t 120 ss type carburator 1300cc bisa dibeli hanya gear pompa olinya.

Agar tidak terjadi keausan pada komponen part di engine maka selalu lakukan pemeriksaan secara berkala baik itu ganti oli mesin atau service mesin.Karena dengan perawatan yang baik maka kendaraan akan selalu dalam keadaan yang sehat dan siap untuk digunakan sehari-hari.

Komentar