Hal Utama Yang Harus Diperhatikan Saat Penggantian Oli Mesin Pada Mobil


Oli merupakan hal yang sangat penting pada kendaraan karena menjadi pelumasan pada system komponen yang bergerak pada mobil.Untuk itu penggantian oli mesin secara berkala sangat perlu sekali dilakukan karena oli semakin lama akan menjadi jelek kualitasnya karena pemakaian.

Hal sering terjadi adalah ketika dilakukan penggantian oli sering terjadi dan terlihat adanya rembesan di bagian bawah kendaraan.Karena letaknya dibawah sehingga pemilik kendaraan tidak mengetahui hal ini terjadi.Rembesan oli ini terlihat dari bawah ketika kendaraan diangkat atau waktu penggantian oli mesin oleh mekanik.

Jangan remehkan rembesan oli mesin karena jika dibiarkan maka akan berakibat kekurangan jumlah oli mesin.Apabila jumlah sampai habis maka kerusakan pada komponen yang bergerak akan semakin cepat.Tentunya yang terjadi pertama kali adalah dari bearing conecting rod dan akhirnya piston akan aus dan timbul suara mesin yang kasar.

Waktu penggantian oli mesin juga hal ini sering terjadi yaitu baut tap oli rusak dan rumah dari baut tap oli sudah aus.Dikarenakan pemasangan sebelumnya yang miring dan dipaksakan sehinga baut menjadi rusak.Apabila ini terjadi maka sebaiknya dilakukan over houle carternya.

Pengantian rumah dari baut tap oli agar drat menjadi baru lagi sehingga baut penutup tap oli akan menjadi kencang dan menutup dengan sempurna.Baut dan rumah tap oli yang rusak apabila dibiarkan maka akan terjadi tetesan oli mesin.

Dan sekalian karena membongkar carter atau penampung oli mesin maka kebocoran dan rembesan yang terjadi pada bagian bawah kendaraan sekalian di bersihkan dan dilem dengan sempurna.Mesin yang kering dan tidak terjadi rembesan oli adalah kondisi mesin yang baik.

Terlihat mobil dengan perawatan yang baik sehingga akan terlihat kering pada bagian engine.Kerusakan karena kekurangan oli tidak akan terjadi sehingga mobil siap untuk digunakan setiap saat dan tidak khawatir terjadi kerusakan dijalan.

Komentar