Jangan Remehkan Kunci Kontak Dengan System Immobilizer Pada Kendaraan


Kunci kontak pada kendaraan memang dilihat secara mata sangat sederhana.Hanya sebuah kunci dengan berbentuk bergerigi bagian ujungnya agar bisa masuk ke dalam rumah kunci.Untuk kendaraan konvensional memang kunci kontak hanya sebuah kunci untuk menghidupkan engine dan membuka atau mengunci pintu mobil.

Berbeda untuk kendaraan dengan system imobilizer dimana tidak asal kunci kontak bisa untuk menghidupkan engine.Karena system tersebut menggunakan sebuah system dengan kunci kontak khusus dengan modul dan sebuah control unit imobilizernya.

Maka untuk itu selalu jaga kunci kontak jangan sampai jatuh dan sampai pecah.Karena jika sampai jatuh dan pecah kemungkinan kunci tersebut akan rusak dan tidak dapat untuk menghidupkan engine.Karena beberapa kendaraan yang menggunakan system imobilizer di kunci kontaknya ada sebuah memori kecil yang terpasang didalamnya.

Sebenarnya system imobilizer dirancang oleh pabrik agar kendaraan tidak dapt dicuri.Karena harus menggunakan kunci kontak yang sudah di registrasi dapat untuk menyalkan kendaraan.Meskipun dengan model anak kunci yang sama namun tidak teregistrasi maka kunci kontak tersebut tidak akan berfungsi.Engine tidak dapat menyala karena system error.

Untuk itu jaga kunci kontak terkena air dan penyebab kerusakan yang lain.Lebih baik diberikan pembungkus atau pengaman agar saat kunci tidak sengaja jatuh meskipun pecah maka tidak akan tersebar berceceran karena sudah dilindungi pembungkus tersebut.

Komentar