Pemilihan Jenis Bahan Bakar Untuk Mobil Engine Type Common Rail System


Bahan bakar merupakan hal yang sangat fital dalam kendaraan karena kendaraan tidak akan menyala jika tidak adanya bahan bakar.Pemilihan yang pas sesuai tipe kendaraan juga harus diketahui oleh pemilik mobil.

Karena banyak sekali jenis bahan bakar yang dijual di stasiun pengisian bahan bakar seperti untuk kendaraan gasoline ada jenis premium,pertalite,pertamax dan pertamax plus.Begitu juga dengan bahan bakar jenis solar ada berbagai jenis.

Untuk artikel ini kita akan membahas tentang kendaraan diesel yaitu diesel konvensional dan diesel common rail system.Kaena berbeda type engine maka pemakaian jenis bahan bakarnya juga berbeda.Jika salah pengunaan secara terus menerus maka akan terjadi kerusakan di komponen engine.

Seperti kendaraan common rail system diwajibkan menggunakan bahan bakar type dexlite yaitu kualitas lebih tinggi dengan bio solar.Karena jenis berbeda juga kandungan didalam bahan bakar juga berbeda.Jika menggunakan bahan bakar bio solar maka fuel filter akan cepat sekali kotor seperti terlihat pada gambar.

Filter solar yang kotor dan apabila dibiarkan maka kendaraan akan kurang tenaga dan kotoran halus akan masuk ke dalam system common rail sehingga akan menyebabkan keausan dan kerusakan didalam part tersebut.

Dengan menggunakan bio solar pada kendaraan engine diesel maka sebaiknya selalu periksa dan bersihkan fuel filter jika terlalu kotor diganti agar system dibahan bakar tetap selalu terjaga.Namun untuk kendaraan type engine common rail maka gunakan dexlite agar kerja injector dan system komponen yang lainnya tidak berat dan tidak cepat rusak.

Maka dari itu pemilihan jenis bahan bakar sangat penting di beberapa jenis kendaraan yang menggunakan system common rail system.Karena jika sudah rusak maka perbaikan kendaraan akan sangat mahal karena harga part engine common rail system lebih mahal.

Komentar