Pentingnya Injector Pada Engine Diesel Dengan System Common Rail


Untuk artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang engine common rail system.Beberapa pemeriksaan fuel filter juga sudah dibahas dan kali ini tentang injector.Sebenarnya pemilihan bahan bakar yang tidak cocok menyebabkan fuel filter cepat sekali kotor.

Hal seperti ini apabila dibiarkan maka bisa menyababkan injector tersumbat.Kotoran halus akan masuk kedalam injector dan menghambat jalur bahan bakar.Khususnya kotoran akan masuk dilubang penginjeksian.Lubang pada ujung injector akan terhambat sehingga penginjeksian bahan bakar tidak akan sempurna.

Pemeriksaan pada injector type common rail tidak dilakukan seperti pada injector manual.Berbeda saat pemeriksaanya karena menggunakan tegangan elctronic untuk memeriksa tekanan bahan bakar.Yaitu dengan memberiksan supply listrik 12 volt maka valve akan terbuka dan bahan bakar akan di injeksikan.

Pemeriksaan bentuk pengabutan bahan bakar,pemeriksaan kebocoran dan tahanan solenoid pada injector.Jika semua dalam keadaa baik maka dipastikan injector normal,berbeda jika salah satu inejctor mengalami masalah salah satu yang sudah saya jelaskan tadi maka ganti injector dengan yang baru.

Injector yang trouble dan masih dipasang pada kendaraan maka bisa menyebabkan engine hunting dan stasioner tidak stabil.Begitu juga saat akselerasi maka getaran pada engine akan terasa dan pastinya tenaga engine akan berkurang.

Harga injector berbeda-beda sesuai dengan type dari kendaraan misalnya mitsubishi,toyota dan isuzu.Sudah banyak dijual dipasaran dengan model dan type untuk kendaraan tertentu.Maka sekarang ini jika injector rusak tidak perlu bingung atau cari spare part karena lepasan dari kendaraan dalam hal ini barang second juga sudah banyak dijual di toko spare part.

Komentar