Perbedaan Hand Brake Pada Beberapa Kendaraan Model Terbaru Sekarang Ini


Berbicara tentang rem pada kendaraan modern sudah ada banyak kemajuan dari kendaraan sebelumnya.Ada rem tromol dan juga rem cakram yang sering disebut para mekanik atau orang awam pada umumnya.

Kendaraan pada zaman dahulu untuk roda depan dan belakang menggunakan rem tromol kemudian berkembang rem depan berubah menjadi cakram dan yang belakang masih model tromol.Era modern seperti ini roda belakang sekarang sudah menggunaka rem cakram.

Karena kontruksi yang lebih praktis dan daya pengereman yang baik sehingga banyak diaplikasikan pada rem sekarang ini.Karena kendaraan dengan kecepatan tinggi maka rem cakram sangat diperlukan di setiap rodanya.

Untuk rem parkir atau hand brake pada kendaraan rem dengan type tromol di roda belakang menggunakan brake shoe untuk menahan tromol.Shoe dihubungkan dengan kabel ke dalam kabin sehingga saat kabel ditarik maka shoe akan mengembang.Dengan mengembangnya brake shoe akan menahan tromol sehingga kendaraan akan diam.

Berbeda dengan kendaraan dengan rem belakang model cakram,untuk rem parkirnya disebalah mana mungkin banyak yang kurang mengerti.Maka di artikel ini saya akan memberikan informasi tentang rem parkir model cakram pada roda belakang di kendaraan .

Ada yang langsung berhubungan dengan piston pada cakram sehingga saat rem parkir ditarik maka piston akan bergerak untuk menekan disc pad pada discnya sehingga kendaraan akan diam.Untuk gambar diatas adalah type handrem atau rem parkir untuk kendaraan mitsubishi all new pajero sport type dakar.

Terlihat rem parkir dan rem belakang berbeda dan tidak dalam satu kesatuan.Ada sebuah rem tromol yang berfungsi hanya untuk rem parkir saja.Tromol menjadi kesatuan dengan disc sehingga saat tromol ditahan oleh brake shoe maka rem belakang akan terkunci.

Komentar