Triptonic Dan Padle Shift di Transmisi Otomatis Kendaraan Mitsubishi All New Pajero Sport


Kendaraan dengan transmisi otomatis sudah banyak diaplikasikan di setiap kendaraan.Bahkan kendaraan baru sekarang hampir menggunakan transmisi otomatis semua.Karena cara pemakaian yang lebih mudah dan lebih praktis dalam menjalankannya.

Berbicara tentang kendaraan mitsubishi untuk transmisi otomatisnya sebagian ada yang menggunakan model triptonic.Apa itu trictonic pada trasnmisi otomatis,mungkin banyak yang belum tahu.Maka diartikel kali ini akan saya bahas tentang transmisi triptonic.

Beberapa kendaraan mitsubishi seperti grandis,outlander dan pajero sport khususnya type dakar. menggunakan transmisi triptonic.Transmisi ini dapat dipindah ke transmisi manual,jadi ada dua pilihan untuk transmisinya.Ada sebuah ruangan di handle tranmisi untuk handle digeser keposisi manual atau triptonic.

Sebuah tanda + dan - yang artinya untuk menambah dan mengurangi kecepatan pada kendaraan.Jika handle diposisikan seperti itu keposisi manual maka saat kendaraan berjalan jika handle tarnsmisi tidak di geser ke posisi + maka gigi transmisi tidak bisa pindah ke gigi yang lebih tinggi.

Begitu juga untuk mengurangi gigi kecepatan dengan menarik handle kebelakang,sehingga gigi transmisi akan turun satu tingkat.Untuk lebih sporty lagi pada kendaraan all new pajero sport type dakar menggunakan triptonic type padle shift.

Dimana handle transmisi type padle shift ada di bagian steering coulomb.Seperti terlihat pada gambar bahwa padle shift ada di bagian bawah steer.Sebelah kanan dengan tanda + dan sebelah kiri ada tanda -.Fungsinya hampir sama dengan triptonic di handle transmisi,bahwa + untuk menambah kecepatan dan - untuk mengurangi.

Karena terletak disteer maka terlihat seperti bentuk untuk kendaraan mobil balap.Dengan mengunakan jari-jari tangan untuk menaikan dan menurunkan gigi tarnsmisi maka semakin mudah dan lebih praktis.Padle shift ini hanya terdapat pada kendaraan varian all new pajero sport type dakar.

Komentar