Cara Mudah Membersihkan Kotoran Dan Kerak Oli Di Dalam Mesin Pada Mobil


Spare part ini merupakan cairan yang sangat bagus sekali untuk menguras oli mesin.Namanya adalah engine flush yang dikeluarkan oleh mitsbishi.Mungkin di part shop banyak sekali part yang sejenis namun fungsi dan kegunaannya sama.

Engine flush keluaran mitsubishi ini baik digunakan untuk semua jenis kendaraan baik itu mobil diesel atau kendaraan bensin.Berfungsi untuk menghilangkan kerak didalam mesin sehingga engine akan selalu dalam kondisi yang bersih dan bebas dari lumpur.

Karena penggunaan oli mesin yang salah dan penggatian terlalu lama maka fungsi oli akan berubah dan afek kimiawi maka membuat oli menjadi kental dan seperti lumpur.Kotoran ini akan menempel di komponen didalam mesin yang bisa membuat part semakin aus karena gesekan.

Untuk membersihkannya maka digunakan engine flush ini dan harganya juga terjangkau.Sebaiknya engine flush digunakan setiap penggantian oli mesin dan filter oli secara bersamaan.Biasanya dilakukan setiap 10.000 km dilakukan engine flush.Semakin sering dilakukan maka engine akan semakin bersih dan bebas dari kotoran oli mesin dan kerak oli.

Cara pemakaian ini sangat mudah,jadi sebelum oli mesin ini dilakukan pengurasan atau tap oli masukan terlebih dahulu engine flush kedalam mesin.Cukup satu botol yang dimasukan kemudian engine dinayalakan sambil kendaraan di gas rpm 2000.Engine digas 200 rpm kurang lebih selama lima menit.

Hal ini bertujuan untuk cairan engine flush dapat bercampur dengan oli dan terjadi pembilasan.Oli bersama engine flush akan bersirkulasi didalam engine sehingga akan melarutkan kotoran atau kerak dan lumpur yang menempel di dinding block cylinder.

Setelah beberapa menit maka engine dimatikan dan tunggu beberapa saat.Kotoran akan jatuh bersama oli mesin kedalam carter yaitu tampungan oli mesin.Kemudian baut tap oli dilepas dan oli bersama kotoran akan terbuang ikut keluar dari engine.Gunakan terus engine flush sebagai cairan pembantu untuk membersihkan engine dari dalam.Meskipun digunakan secara berkala maka tidak akan terjadi efek samping pada engine.

Komentar