Fungsi Penting Part Klem Dan Oring Di Kendaraan Yang Jarang Orang Ketahui


Melihat gambar diatas tentang komponen spare part pada kendaraan mungkin ada yang asing dengan gambar tersebut.Atau juga sudah mengerti dan paham akan apa nama part tersebut.Di kendaraan selalu menggunakan dua buah part tersebut untuk membantu   merekatkan atau mengencangkan sesuatu.

Ada sebuah o ring dan klem yang dimana ini fungsinya berbeda dari komponen spare part yang lainnya.Jika O ring digunakan untuk membantu agar tidak terjadi kebocoran atau rembesan oli,bahan bakar atau cooling system.Oring berbahan dari karet yang bisa membesar karena efek kimiawi oleh oli atau bahan cair sejenisnya.

Oring ini sangat banyak macamnya dan berbeda-beda bentuknya dari yang bulat kecil sampai besar.Fungsinya juga akan berbeda untuk menutup air di cooling system,menutup bahan bakar di fuel system atau untuk menutup oli di lubrication system.

Apabila sudah menemui oring berubah bentuk dan mengeras dalam hal ini tidak elastis lagi maka sebaiknya lakukan penggantian.Agar system di engine tidak terjadi rembesan atau kebocoran dan membuat kendaraan akan aman untuk digunakan sehari-hari.

Masalah tentang klem sebenarnya part yang sangat sederhana sekali namun sering kali diremehkan.Klem sendiri berfungsi untuk mengikat selang agar menutup rapat.Misal selang di fuel system,cooling system dan lubrication system.Selang yang terhubunga dengan pipa besi jika tidak di ikat dengan klem maka selang akan terlepas karena tekanan.

Klem yang baik adalah dapat mengikat kencang selang terhadap rumahnya sehingga tidak akan terjadi rembesan atau kebocoran.Klem yang sudah berkarat dan aus sebaiknya diganti dengan yang baru.Type klem juga berbeda-bedan jadi saat mengganti klem gunakan sesuai kebutuhannya agar tidak salah pemasanagan.

Komentar