Kebocoran Cooling System Dari Water Pump Pada Mobil Ini Akibatnya // Engine Cooling System


System pendingin atau cooling system pada kendaraan sangat penting sekali.Jika tidak ada pendinginan di engine maka akan terjadi over heat dan merusak komponen engine.Untuk itu sangat dibutuhkan cooling system dengan bantua air yang ada di engine.

Air didalam engine mengalir dan bersirkulasi agar suhu atau temperatur engine tetap terjaga.Jika terlalu panas maka engine akan bermasalah,begitu juga ketika temperatur engine terlalu dingin bisa menyebabkan bahan bakar boros.Untuk itu agar selalau terjaga suhu engine dibutuhkan beberapa komponen yang penting di cooling system.

Salah satu komponen penting di cooling system adalah water pump.Fungsi water pump digunakan untuk memompa air di dalam engine untuk disirkulasikan.Suhu air yang sudah terlalu panas di sirkulasikan ke radiator untuk didinginkan oleh kipas radiator.

Begitu juga air didalam radiator yang sudah dingin akan dihisap kedalam engine untuk mendinginkan engine yang suhunya panas karena proses pembakaran.Hal ini terjadi secara berulang-ulang sampai didapatkan temperatur atau suhu engine stabil.

Berbicara masalah water pump ternyata juga ada usia dari komponen ini.Sering terjadi kebocoran air radiator dari komponen water pump.Kebocoran terdeteksi ketika jumlah air pendingin berkurang dan setelah dianalisa kebocoran terjadi dari sisi lubang water pump.

Di water pump ada sebuah lubang kecil dua buah bagian atas dan bawah,dimana lubang tersebut berfungsi untuk mengalirkan air cooling ketika seal water pump sudah rusak.Kerusakan seal bisa terjadi karena ke elastisan seal sudah jelek sehingga tidak mampu menahan air yang bersirkulasi.

Apabila water pump bocor harus diganti secara assy karena tidak bisa diganti hanya sealnya saja.Harga water pump juga sangat terjangkau dan banyak di partshop dijual merk yang lebih murah.Dengan penggantian water pump ini maka kebocoran dari sisi lubang tersebut tidak akan terjadi.

Komentar