Pentingnya Part Shock Absorber Pada Suspensi System Di Kendaraan


Kendaraan pada umumnya menggunakan type suspensi yang berbeda-beda.Ada banyak type suspensi yang diaplikasikan ke kendaraan beberapa merk seperti toyota,mitsubishi,honda dan lainya.Perbedaan jenis suspensi ini akan mengakibatkan kenyamanan dalam berkendara.

Masalah suspensi sering terjadi kerusakan yang diakibatkan kerja dari shock absorber sudah lemah.Bisa karena terjadi rembesan oli dari seal sehingga fungsi dari shock absorber untuk meredam getaran saat jalan tidak rata akan tidak berfungsi dengan baik.

Trouble pernah saya alami pada kendaraan sedan khususnya yaitu ada suara dibagian suspensi belakang.Suara tersebut saat jalan tidak rata dengan kendaraan berjalan pelan.Gruk-gruk terdengar ada bagian komponen suspensi yang gasruk atau bergesekan komponen satu sama lainnya.Akan tetapi setelah dilakukan pemeriksaan tidak ada bagian komponen part yang mengalami keausan.

Maka dibuka bagian shock absorbernya dan dilakukan pemeriksaan.Ada kebocoran oli di shock absorber bagian sebelah kanan karena ada rembesan oli disekitar body shock absorber.Saat kendaraan diam dan body kendaraan dihentakan kebawah dan keatas juga muncul suara yang sama.Sehingga shock absorber yang bocor tersebut adalah penyebab dari noise di suspensi belakang.

Shock absorber diganti dengan yang baru kemudian dipasangkan.Bagian tengah as shock dipasangkan bantalan atau karet untuk menahan agar hentakan dapat diredam oleh karet tersebut.Istilah bengkel kita sebut dengan karet menara,karena berbentuk kerucut dan mudah penyebutanya.

Kendaraan dilakukan test drive dan ternyata suara noise yang muncul tadi sudah tidak ada.Kendaraan juga lebih empuk dan saat melewati jalan berlubang juga jalan tidak rata masih stabil.Memang shock absorber jika salah satu bocor sebaiknya diganti satu set yaitu sebelah kiri dan kanan.Sehingga suspensi akan menjadi stabil kembali.

Jangan remehkan shock absorber yang bocor karena jika hal ini diteruskan maka akan semakin membuat kenyamanan dalam berkendara akan berkurang.Noise muncul dan mengganggu dalam perjalanan.Body kendaraan akan tidak stabil ketika kendaraan berjalan dalam keadaan kencang.

Komentar