Tips Ketika Battery Tekor Pada Mobil Matic Saat Handle Transmisi Terkunci Di Posisi P ( Parkir )


Pada kendaraan matic sangat diperlukan sekali power supply yang bagus untuk mendukung system transmisinya.Untuk itu usia aki yang sudah lama perlu diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan dijalan.Karena untuk kendaraan transmisi otomatis jika battery rusak maka tidak bisa untuk didorong,terutama apabila posisi handle transmisi pada posisi P.

Posisi handle transmisi otomatis sering kali jika kendaraan dalam posisi parkir maka akan diposisikan di P ( parkir ).Karena lebih safety agar kendaraan tidak berjalan sendiri pada kondisi jalan yang tidak rata.Dan juga dapat membantu rem parkir meskipun rem parkir di aktifkan.

Kita mengetahui bahwa pada posisi P untuk ke posisi R perlu menekan shift lock agar handle transmisi dapat bergeser ke posisi kendaraan bergerak mundur.Tidak hanya itu dibutuhkan untuk menginjak pedal rem agar shift lock dapat bebas sempurna.

Tanpa menginjak pedal rem maka shift lock tidak akan bekerja sehingga tuas atau handle transmisi tidak bisa untuk digeser.Waktu dilakukan start engine juga perlu dilakukan injak pedal rem karena sebagai safety juga pada kendaraan bertransmisi otomatis.

Berbeda jika battery tekor saat kendaraan digunakan dan sedang pada posisi parkir.Misal kita gunakan mobil sehari-hari untuk bekerja dan biasanya setelah pulang kendaraan tidak langsung masuk garasi.Parkir didepan rumah terlebih dahulu kemudian beberapa saat baru kendaraan masuk garasi.

Saat akan masuk garasi kendaraan tidak bisa untuk start karena battery tekor atau soak.Karena battery tidak bisa diprediksi kapan rusak karena merupakan barang komponen electronic.Karena tadi saat parkir posisi handle transmisi otomatis di posisi P,maka kendaraan tidak bisa dipindah secara manual yaitu didorong.

Karena battery tekor maka shift lock dengan bantuan injak pedal rem tadi menjadi tidak berfungsi.Lock tersebut dapat dibebaskan karena menggunakan sebuah relay yang dapat diaktifkan dengan sebuah sumber tegangan.Karena battery tekor maka fungsi ini tidak bisa digunakan.

Cara mudah adalah dengan menekan lubang shift lock yang ada disamping handle transmisi.Untuk gambar diatas adalah handle transmisi untuk kendaraan all new pajero sport dimana ada lubang kecil disebalah kanan.Masukan anak kunci kedalam luabng tersebut sambil ditekan dan terasa ada tahanan.

Setelah itu ditahan dan shift lock pada handle transmisi dilepas dan handle digeser ke posisi N agar kendaraan dapat bergerak maju atau mundur.Setelah keposisi N maka kendaraan siap untuk didorong secara manual.Demikian tips sederhana yang bisa membantu anda ketika mengalami permasahan seperti yang dijelaskan di artikel ini.

Komentar