Waspada Terhadap Perubahan Bentuk Selang Radiator Di Cooling System Agar Tidak Terjadi Hal Berikut


Setiap kendaraan dilengkapi dengan sebuah selang karet untuk membantu kinerja engine.Selang itu ada yang untuk saluran cooling system,oil system,fuel system dan jalur udara yang masuk ke engine.Ternyata semua karet memiliki daya tahan tersendiri dan berbeda.

Untuk selang air jika digunakan untuk selang oil maka tidak akan berfungsi dengan baik,bisa jadi selang akan cepat rusak karena efek dari kimia senyawa oli mesin.Begitu juga sebaliknya dan selang bahan bakar hanya baik digunakan untuk system bahan bakar.

Kali ini selang yang saya bahas adalah tentang selang di cooling system.Ternyata selang kelastisannya akan berubah karena efek panas dari temperatur engine.Karena dilewati oleh air radiator yang panas maka fungsi selang akan berubah bentuk.Selang akan menjadi keras dan bisa sampai pecah-pecah.

Apabila hal ini terjadi maka segera ganti selang agar tidak terjadi rembesan atau kebocoran air radiator.Jika terjadi rembesan maka akan terjadi kekurangan jumlah air radiator yang mengakibatkan engine over heat.Temperatur mesin panas dan akhirnya akan merusak engine dan komponen yang lainnya.

Terlihat selang di cooling system seperti pada gambar yaitu berubah bentuk menggembung atau membesar.Selain selang yang rusak pecah-pecah dan menjadi keras ternyata bisa seperti terlihat pada gambar.Apabila menemukan hal seperti ini menandakan selang waktunya diganti.Karena hanya pada bagian yang terkena claim pengikat yang diameternya lebih kecil.

Mungkin jika tidak di ikat dengan claim maka selang tersebut akan membesar karena efek panas dari air di cooling system.Jaga dan selalu perhatikan kondisi ruang engine saat anda sedang membersihkan kendaraan.Siapa tahu ada selang seperti yang saya jelaskan diatas sehingga dapat menjadi referensi untuk dilakukan service penggatina selang cooling system

Komentar