Salah Satu Penyebab Engine Mbrebet Pada Mobil Injeksi


Membawa mobil yang brebet dan ndut-ndutan pastinya akan membuat menyetir menjadi tidak nyaman. Hal yang dikhawatirkan terjadi adalah mobil mogok. Apalagi di saat-saat yang sangat mendesak, rasa cemas dan khawatir akan bertambah parah.Terlebih saat mobil sedang dibawa keluar kota dan jauh dari bengkel. Tentunya akan membuat perasaan menjadi cemas ketika menyetir. Jika begitu menyetir menjadi tidak fokus.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan mesin mrebet dan getar

1. Gangguan pada sistem pengapian
Masalah pada sistem pengapian mesin sering kali menjadi faktor penyebab utama mesin brebet seperti disebabkan koil bocor, kabel busi bocor, tutup distributor rusak, busi konslet atau busi putus.Dengan memeriksa satu persatu komponen tersebut maka akan diketahui dari part apa yang rusak dan penyebab engine mbrebet.

2. Masalah kompresi mesin bocor atau pada tiap silinder terdapat tekanan kompresi yang berbeda jauh.Untuk memeriksa ini menggunakan test kompresi sehingga hasilnya lebih akurat.Kompresi rendah bisa disebabkan oleh ring piston dan cylinder liner yang sudah aus.Untuk memperbaikinya harus dilakukan engineover houle.

3. Air radiator atau pendingin mesin masuk ke ruang bakar.Hal ini disbabkan karena engine over heat.Mengapa demikian karena saat engine over heat maka akan terjadi kebocoran air di cylinder head gasket.Cylinder head terlalu panas sehingga akan melengkung menyebabkan gasket tidak bisa menutup sempurna cylinder block.Apabila sudah terjadi demikian air yang sudah terlalu banyak masuk ke ruang bakar akan menyebabka engine mogok.

Penyebab temperatur panas pada truck colt diesel canter "

4. Pengabutan bahan bakar oleh injektor kurang baik atau pun tekanan pompa bensin yang terletak didalam tangki bensin sudah melemah.Untuk system injeksi diperlukan tingkat bahan bakar yang susai jumlahnya atau sesuai pengabutanya.Jika salah satu injector rusak maka pengabutan tidak terjadi begitu jika saat injector tersumbat maka pengabutan tidak baik yang akhirnya engine mbrebet dan getar.

5. Masalah pada Ecu mobil serta sensor-sensor injeksi seperti halnya sensor suhu mesin rusak tidak sesuai dengan spesifikasi, ckp sensor bermasalah atau terjadi misfire.Untuk sensor harus menggunakan scan tools sehingga didapat data yang akurat

Beberapa metode atau cara test balance mesin untuk mengetahui gangguan pada ruang bakar mesin yang menyebabkan mesin brebet:

1. Cara mengetahui pada silinder berapa terjadi gangguan adalah dengan cara melepas satu persatu soket injektor saat mesin hidup. Dan perhatikan getaran mesin saat soket injektor dilepas, contoh saat soket injektor nomer satu dilepas jika getaran mesin tidak berubah maka gangguan ada pada silinder satu tersebut.

Baca juga Penyebab suara kasar saat engine starter pada mobil

2. Dengan scan tool melalui menu aktuator test juga bisa dilakukan untuk memutus satu persatu aliran bahan bakar pada injektor. Pada injektor yang diputus aliran listriknya tersebut jika tidak terjadi perubahan pada getaran mesin, maka pada silinder tersebut yang terdapat masalah.

3. Dengan mengangkat koil pelan-pelan saat mesin hidup, ini harus hati-hati jangan sampai tangan terkena sengatan listrik koil, perhatikan loncatan bunga api apakah ada bunga api yang meloncat kesamping saat koil diangkat dari busi atau saat kabel busi diangkat dari busi sambil mesin hidup.