Air Radiator Muncul Gelembung Saat Stasioner_BAHAYA kah pada Mobil


Dalam kasus kali ini saya akan membuat penyelesaian masalah tentang trouble shooting pada kendaraan mitsubishi truck canter.Dimana truck canter ini mengalami masalah temperatur yang panas.Air masuk ke dalam penampungan di reservoir.

Jadi saat engine sudah panas air mengalir ke reservoir sehingga jumlah air radiator di engine akan berkurang.Akibatnya akan terjadi engine over heat karena kekurangan air.Maka dari itu driver jika tidak waspada maka akan terjadi kerusakan pada engine.

Seharusnya ketika engine panas,air radiator akan disalurkan kedalam reservoir.Dan ketika air di reservoir sudah dingin akan dikembalikan ke engine lagi.Dengan adanya kerja valve dari tutup radiator tersebut maka secara otomatis air akan bersirkulasi dengan baik.

Namun yang terjadi kali ini adalah air tidak bisa kembali ke engine dan tidak bisa bersirkulasi.Adanya gelembung udara didalam air radiator.Ketika tutup radiator dibuka maka saat stasioner kita lihat di air radiator maka akan timbul gelembung.

Masalah seperti ini seperti adanya kompresi yang bocor masuk ke system pendingin.Sehingga adanya tekanan kompresi ke air dan terjadilah gelembung tersebut.Untuk itu perbaikanya adalah membuka cylinder head dan memeriksa gasket cylinder head.


Untuk gasket cylinder ada masalah seperti pecah dan tidak menutup dengan rapat.Sehingga terjadilah bocor kompresi.Adanya bocor kompresi tidak sampai membuat engine terasa getar dan stasioner tidak stabil.Karena bocor kompresi yang ringan namun berakibat di system pendingin.


Ganti gasket cylinder head dan dipasang kembali semua komponen yang dilepas tadi.Semua sudah terpasang dan siap untuk di test drive.Saat stasioner juga tidak ada masalah gelembung lagi di air radiatornya.


Jadi ketika kendaraan anda mengalami masalah air timbul gelembung kemungkinan adanya bocor komresi yang disebabkan oleh gasket cylinder head yang bermasalah.

Komentar