Waktu Yang Tepat Dilakukan Pemeriksaan Rem Pada Kendaraan

 

Kampas rem model cakram sering terjadi keluhan rem bunyi.Entah itu bunyinya setelah melewati jalan berpasir kemudian setelah kendaraan berjalan bunyi tersebut tiba-tiba hilang dengan sendirinya.Atau trouble bunyi saat pedal rem di injak.

Hal ini berbeda kasus dari penyebab rem bunyi tadi.Kalau bunyi saat jalan setelah melewati jalan berpasir bisa jadi adanya kerikil yang masuk kedalam system rem sehingga menjadi penyebab rem bunyi.

Berbeda jika rem sudah tipis maka akan terjadi bunyi abnormal ketika pedal rem di injak.Ini menandakan adanya gesekan antara kampas rem yang sudah tipis terlihat besinya dengan piringan dari disc brake.

Jika anda sudah mendengar bunyi abnormal ketika rem di injak maka menandakan bahwa rem sudah tipis.baik itu rem depan atau rem belakang yang sudah menggunakan rem type cakram.Segera service dan bawa ke bengkel untuk perbaikan.

Cek juga apakah terjadi rem macet atau pergerakan piston yang kurang lancar.Karena jika kampas rem tipis sebelah baik itu sebelah kanan atau kiri maka bisa menandakan piston rem dalam kondisi macet.Sebaiknya lakukan pembongkaran piston rem juga.Jangan hanya ganti kampas rem yang tipis.

Baca juga Cara membaca kode warna pada kabel mobil

Karena jika hanya ganti kampas rem saja akan mengakibatkan kampas remnya juga akan cepat habis.Untuk itu tidak akan memperbaiki masalah namun akan manambah masalah dikemudian hari.Saat direm akan mbanting ke salah satu sisi.


Sebaiknya lakukan pemeriksaan rem mobil anda secara berkala setiap 20.000 kilometer.Selain sebagai pembersihan kampas rem secara berkala juga dapat melihat kondisi komponen rem apakah ada yang rembes atau tidak.Karena rem merupakan bagian yang sangat penting di kendaraan.

Info service Cara memperbaiki Rpm Naik Turun Pada Mobil Colt T120 SS

Komentar