REM AMBLES PADA MOBIL !!! Informasi Penting Tentang Rem Pada Kendaraan Yang Perlu Anda Ketahui



Brake system atau rem pada kendaraan pasti dilengkapi semua.Karena merupakan fitur keselamatan dalam berkendara karena berfungsi untuk mengurangi kecepatan pada mobil.Untuk rem ada dua type yaitu rem cakram dan rem tromol.

Namun untuk kendaraan besar sekarang sudah mengadopsi untuk rem angin.Sehingga tidak lagi menggunakan tekanan dari minyak rem namun dari tekanan angin di system kompresornya.Untuk rem yang lama masih menggunakan hidrolik sehingga jika ada rembesan atau kebocoran minyak rem akan sangat fatal akibatnya.

Untuk itu jangan sepelakan jika ada keluhan rem ambles yang kadang-kadang.Atau rem terasa dalam dan rem yang bunyi ketika rem di injak.Maka segera bawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.nanti akan di bongkar semua rem di lihat apa yang menjadi masalah tersebut.

Apakah rem mengalami rembes sehingga menyebabkan rem menjadi kadang-kadang ambles.Kemungkinan seal yang sudah berubah bentuk sehingga tidak mampu menahan tekanan minyak rem.Ketika terjadi injakan pedal rem maka tekanan minyak rem sangat tinggi.Ketika seal tidak mampu menahan maka minyak rem akan keluar dan akhirnya rem ambles.

Penggantian seal perlu dilakukan agar tidak terjadi rembesan minyak rem lagi.Atau perlu penggantian wheel cylinder roda secara assy sehingga tidak perlu ganti sealnya.Ganti assy dikarenakan sudah rembes atau bocor namun rumah dari wheel cylinder sudah aus.Jika diganti sealnya saja nanti percuma karena akan rembes kembali dalam waktu dekat.

Info service Tips membaca kode dan warna kabel kelistrikan mobil

Rem yang dalam bisa karena kampas rem sudah tipis itu biasanya terjadi karena langkah piston rem lebih panjang sehingga langkah pedal rem juga semakin panjang.Begitu juga dengan rem bunyi bisa terjadi karena kampas rem yang tipis tadi sudah aus dan bergesekan dengan besi sehingga muncul bunyi.

Hanya dengan ganti kampas rem maka trouble rem dalam atau rem bunyi akan hilang.Ganti kampas yang asli saja sehingga pengereman akan lebih pakem karena kampas rem yang non genuine itu harga lebih murah namun barangnya keras sehingga akan mengikis disc brake.

Baca juga Tips Mengetahui waktunya ganti aki pada mobil

Komentar