Alasan Mengapa Water Pump Di Rendam Air Saat Dilakukan Engine Over Houle


Ini artikel saya buat karena pengalaman saya saat kendaraan dilakukan over houle dengan memerlukan waktu beberapa hari.Karena pembongkaran engine dilakukan dengan memakan waktu yang lama bisa sampai seminggu bahkan lebih.Waktu lama karena perlu komponen yang lagi kosong di part shop,sehingga perlu pesan spare part.

Waktu yang lama biasanya kita memasukan engine untuk di colter untuk membuat liner kit di bengkel bubut.Waktu yang lama itu biasanya beberapa komponen tidak digunakan dalam hal ini menunggu untuk dipasang setelah engine selesai dicolter.Ditukang bubut mungkin lama sehingga perlu dilakukan perendaman untuk water pump.Mengapa harus direndam dan jika tidak direndam maka akan terjadi apakah pada water pumpnya.

Komponen part lainnya dibersihkan dan diperiksa apakah perlu penggantian atau tidak.Komponen yang penting adalah water pump karena jika dibiarkan berlama-lama maka bisa menyebabkan kerusakan.Dan mengapa water pump perlu untuk direndam didalam bak secara menyeluruh sehingga terendam semua bagian dari water pump.


Saat saya melakukan engine over houle dengan water pump dilepas dan tergeletak dirak part.Ketika waktu pemsangan dan engine sudah hidup untuk ditest drive seketika muncul suara abnormal di engine.Dari analisa suara itu muncul dari water pump,maka langsung di eksekusi untuk melepas water pump dan memeriksanya.Ternyata suara itu muncul dari bearing water pump yang sudah rusak.

Apakah memang rusak atau terjadi kerusakan baru karena tidak ada pelumasan di water pump ketika sedang dilakukan engine over houle.Waktu selama itu untuk over houle sehingga perlu dilakukan perawatan pada water pump dengan cara direndam.




Jadi saat water pump tergeletak untuk menunggu engine di colter menyebabkan bearing water pump menjadi kering.Sehingga saat dipasang dan berputar maka langsung menyebabkan noise abnormal.Maka dari itu dari kejadian ini setiap melakukan engine over houle selalu melakukan rendam water pump di bak berisi air penuh.


Dan setelah direndam kemudian saat pemasangan dan dilakukan test drive tidak muncul noise yang abnormal.Mungkin pengalaman ini bisa menjadi pelajaran agar seharusnya water pump yang sebelumnya tidak rusak menjadi rusak karena bearing yang kering.