Salah Satu Penyebab Rem Keras Pada Mobil


Masalah rem sering terjadi pada kendaraan,dimana banyak sekali terjadi kecelakaan karena kurangnya memperhatikan kondisi rem.Rem seharusnya dilakukan pemeriksaan secara berkala agar didapatkan kondisi rem yang sangat baik.

Karena rem merupakan komponen yang penting untuk mobil.Jika rem tidak ada maka kendaraan saat melaju tidak akan bisa berhenti.Jadi salah satu fungsi rem adalah untuk mengurangi kecepatan kendaraan.Jadi buka memperhentikan kendaraan namun mengurangi kecepatan kendaraan sampai berhenti.

Rem berada di roda depan maupun belakang,namun yang saya bahas kali ini adalah rem mobil bagian belakang yang sering terjadi masalah.Memang kadang kita tidak merasakan kondisi rem sehingga rem akan berkurang fungsinya untuk mengurangi kecepatan kendaraan.Ternyata rem yang ada i dalam  tromol di roda belakang yang sering jalan dikondisi berair maka bisa menyebabkan rem menjadi macet.

Dengan rem yang macet maka fungsi wheel cylinder tidak akan mampu mendorong kampas rem ke bagian tromol untuk bergesekan.Seharusnya gerakan piston wheel cylinder lancar untuk mendorong kampas rem.Dengan kondisi yang macet maka rem akan menjadi keras dan keras itu akan terasa dipedal rem.

Info trouble Penyebab rem ambles pada mobil yang perlu anda ketahui

Pedal rem terasa mengganjal dan tidak bisa empuk.Hal ini dikarenakan piston wheel cylinder tidak mampu terdorong tekanan minyak rem dari master rem.Meskipun kaki sudah menginjak pedal rem namun untuk piston tidak bergerak sama sekali,sehingga rem terasa keras.

Roda juga tidak akan mampu untuk berhenti dengan sempurna karena rem yang macet.Jika sudah demikian maka perlu dilakukan pemeriksaan dan over houle rem jika diperlukan.Dengan adanya over houle maka piston dan rumah wheel cylinder dibersihkan.Kondisi seal juga harus diperiksa agar tidak terjadi kebocoran minyak rem setelah perbaikan.

Seal jika perlu diganti agar rem semakin pakem dan dapat mengurangi kecepatan roda dengan sempurna.Lihat kondisi piston dan rumah wheel cylindernya,jika kondisi baik maka cukup hanya ganti sealnya saja dan psiton termasuk wheel cylinder dibersihkan.Apabila sudah aus maka sebaiknya diganti secara assy agar rem kembali normal.

Baca juga Penyebab gardan mbengung pada mitsubishi truck canter