Penyebab Gardan Mbengung Pada Kendaraan I Ring Gear Set Aus




Kendaraan dengan penggerak roda belakang menggunakan differential untuk membagi putaran roda kanan dan kiri.Jadi setiap kendaraan penggerak roda belakang pasti menggunakan gardan atau differential.

Jika terjadi masalah pada differentialnya maka akan timbul trouble suara abnormal saat jalan.Yaitu suara dengung saat kendaraan berjalan dikecepatan tertentu.Jadi suara ini sangat berisik dan mengganggu pengemudi.Mengapa bisa terjadi bunyi abnormal mari kita bahas permasalahan di artikel kali ini.

Biasanya kerusakan terjadi pada ring gearnya.Yaitu sudah aus yang akhirnya persinggungan gigi ring gear dengan pinion tidak sesuai yang akhirnya menyebabkan bunyi abnorma.Untuk itu jika suara itu muncul saat kendaraan berjalan maka bisa jadi ring gear dan pinion pada gardan sudah aus.

Berdengung itu terjadi karena tidak pernah ganti oli sehingga kualitas oli gardan akan menurun dan terjadi keausan di differentialnya.Terjadi celah diantara gigi gardan atau bahasa tekniknya adalah backlash.Apabil celah ini terlalu besar maka akan timbul suara berdengung dikendaraan saat kendaraan berjalan di kecepatan tertentu.


Dengan kondisi ring gear yang sudah aus pada giginya maka akan membuat suara dengune.Ausnya gigi differential karena pemakaian yang kurang perawatan.Antara lain penggantian oli secara rutin.Cara pemakaian yang tidak wajar yaitu seperti menggunakan gigi transmisi besar namun kendaraan berjalan lambat.Maka akan membuat gigi di differentialnya akan semakin terkikis dan akhirnya aus.

Jika sudah muncul suara dengung maka dapat dipastikan backlash sudah besar celahnya.Perlu dilakukan setel backlash dan menurunkan gardan dari housingnya.Apabila gear sudah aus maka meskipun dilakukan stel backlash akan tetap bunyi gardanya.Harus ganti gardan secara assy yaitu ring gear set bersama pinionya.

Perlu diketahui bahwa jika oli differential diganti secara rutin maka sisa bram atau kotoran akan ikut keluar saat oli dikuras.Jangan takut gardan akan bengung jika penggantian oli gardan dilakukan secara rutin.Gunakan oli terbaik dan oli khusus untuk diffrential.Karena oli gear gardan berbeda dengan type dari oli mesin dan transmisinya.

Setelah penggantian ring gear set juga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap bearing samping kanan dan kiri.Jika sudah aus maka perlu dilakukan penggantian side bearing dengan yang baru.Banyak yang sudah dilakukan penggantian ring gear set namun bearing tidak diganti masih timbul bunyi abnormal dikendaraan.

Untuk itu bearing side dan juga bearing pinion atau sering disebut gigi nanasan sebaiknya diganti juga karena oli yang lama tidak diganti akan berakibat jelek terhadap bearing.Pelumasan yang tidak baik membuat bearing akan rusak yaitu aus di sisinya.Dengan ganti semua bearing dan ring gear set maka bunyi abnormal pada differential akan hilang.


Differential perlu dilakukan perawatan secara rutin untuk penggantian oli gardanya.Yaitu setiap kelipatan 30.000 km.Jangan hanya di tambah saja atau dikurangi kemudian ditambah yang baru.Karena banyak pemilik kendaraan beragumentasi bahwa jika oli gardan kendaraan baru jika di ganti akan berdengung.

Setelah dilakukan penggantian sebaiknya anda pemilik kendaraan selalu melakukan penggantian oli differential secara berkala agar bearing dan ring gear dapat pelumasan yang baik.Sehingga akan awet dan usia diffrential akan lebih lama.

Info trouble Penyebab timing belt mitsubishi pajero sport putus