Penyebab Temperatur Panas Pada Kendaraan Diesel Yang Jarang Orang Ketahui


Kendaraan diesel terutama pada mobil mitsubishi L300 sering mengalami yang namanya temperatur panas.Ketika kendaraan berjalan tiba-tiba indikator jarum temperatur naik dan kendaraan terasa panas.Hal penyebab kendaraan pada temperaturnya naik bisa diakibatkan oleh banyak faktor.

Untuk itu setiap kendaraan mau dipakai sebaiknya lakukan pemeriksaan dari hal yang sederhana.Dari jumlah oli mesin,minyak rem air aki dan jumlah air radiatornya.Meskipun sepele namun yang di akibatkan nantinya jika terjadi kerusakan akan semakin parah.

Yang akan saya bahas disini adalah masalah system air radiator atau cooling systemnya.Dimaka kendaraan ini menggunakan system pendingin yang menggunakan sebuah water pump untuk menggerakan dan memutarkan sirkulasi air di dalam mesin.Jika air radiator berkurang maka system pendingin akan bermasalah.

Tips dan Info Boros manakah kendaraan transmisi matic dengan manual

Berkurangnya air radiator harus mengerti dari apa penyebabnya.Karena jumlah air yang kurang akan membuat engine bekerja tidak maksimal.engine akan panas dan system pendinginan akan tidak normal.Temperatur engine akan naik dan panas.Maka dari itu saat air radiator berkurang periksa dari mana terjadi rembesan atau kebocoran cooling systemnya.

Bisa dari selang yang sudah mengeras atau dari radiator yang berkarat atau bocor dari kisi-kisinya.Untuk mengetahuinya harus dengan melihat bagian komponen dan apakah terjadi rembesan.Biasanya yang sering terjadi adalah kebocoran dari water pumpnya.Dimana water ini terjadi kerusakan di seal bagian dalamnya.

Untuk saat engine berputar jika water pump terjadi kerusakan tidak meneteskan air.Namun setelah engine berhenti maka air akan keluar dari  lubang pembuangan water pumpnya.Hal ini dikarenakan saat engine menyala air bersirkulasi dan tidak ada tekanan di dalam area water pumpnya.

Berbeda setelah kendaraan atau engine mati maka air yang ada dalam water pump akan keluar melalui seal dikarenakan seal sudah rusak.Setelah mengetahui kendaraan troublenya dari water pump yang terjadi kebocoran air maka perlu diganti water pumpnya secara assy.

Tidak bisa diganti sealnya saja karena spare part untuk seal tidak disediakan.Hanya water pump assy yang disediakan untuk penggantian jika rusak atau bocor.Selain terjadi kebocoran air di water pumpnya,sering juga terjadi suara abnormal pada water pumpnya.Diakibatkan oleh bearing yang sudah aus karena sering terkena air.

Jika sudah demikian maka kerusakan temperatur engine naik tidak akan terjadi lagi.Karena sudah diganti water pumpnya yang bocor tadi maka kekurangan jumlah air radiator tidak akan terjadi kembali.Periksa selalu jumlah air radiator agar terhndar dari temperatur panas pada kendaraan.

Baca juga Penyebab ac bau pada kendaraan mitsubishi xpander