Salah Satu Penyebab Jarum Spedometer Tidak Berfungsi / Mati Pada Mobil


Pada umumnya Speedometer Mobil yang sedang bermasalah ditandai dengan beberapa panel indikator yang tidak berfungsi seperti panel kecepatan, yang mana jika speedometer mobil tidak berfungsi maka jarum penunjuk kecepatan tidak akan bergerak pada saat melaju. Selain panel penunjuk kecepatan, Panel indikator yang berada di dalam speedometer yang bisa kita ketahui jika speedometer mobil mati yaitu panel indikator bahan bakar yang tidak berfungsi pada saat mobil di isi bahan bakar full namun jarum tidak bergerak.

Seperti yang kita ketahui pada setiap kendaraan tentu telah terpasang komponen bernama Speedometer. Dimana Speedometer ini menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, baik motor maupun mobil, pasalnya spedometer ini memiliki fungsi sebagai penanda kecepatan sehingga kita dapat mengkontrol batas kecepatan pada saat mengendarai motor atau mobil agar tetap tidak melebihi batas maksimal.

Tentu saja dengan kondisi speedometer yang mati membuat kenyamanan berkendara akan berkurang sebab pengemudi tidak bisa mengetahui kondisi dari mobil itu sendiri. Maka dari itu jika speedometer mobil harus cepat diperbaiki agar tetap nyaman berkendara. Namun sebelum kami menjelaskan terkait Cara Memperbaiki Speedometer Mobil, kami ingin membahas terlebih dahulu Penyebab Speedometer Mobil Mati atau Rusak.

Info service Cara mengetahui kapan waktunya ganti minyak power steering

Penyebab Speedometer Mobil Mati yang sering ditemukan yaitu panel speedometer yang rusak. Pada umumnya jika panel speedometer rusak maka panel indikator yang ada di dalam speedometer tidak akan jalan, meskipun yang mengalami kerusakan hanya pada satu panel indikator saja namun biasanya panel indikator lainnya pun tidak ikut berfungsi.

Seperti indikator rpm,indikator bahan bakar dan juga temperaturnya akan berakibat menjadi tidak normal karena kerusakan ada di panel spedometernya.Untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem elektronika salah satu penyebab speedometer mobil rusak yakni ruanya pada sistem speedometer. 

Adapun bagian sistem speedometer yang kerap menjadi pemicu speedometer mobil rusak yakni bermasalahnya gear tranduser yang membuat kecepatan mobil tidak bisa sesuai denga  kecepatan kendaraan.Selain pada sistem kelistrikan, kerusakan speedometer juga bisa dikarenakan oleh sistem Speedometernya sendiri yang eror.

Info trouble Salah satu penyebab engine mbrebet pada mobil injeksi

Seperti yang kita ketahui para produsen mobil tentunya telah memasangkan sensor kecepatan mobil pada bagian transmisi, namun beragam masalah juga sering menyerang sistem tersebut, salah satunya adalah Gear Tranduser yang akan mengakibatkan panel indikator pada Speedometer tidak mau membaca kecepatan mobil ketika sedang melaju.

Selain itu, apabila mobil kita telah mendukung sistem pengereman ABS dan sistem tersebut terjadi kerusakan tentunya juga akan berpengaruh pada panel indikator speedometer mobil kita, terutama dalam membaca tingkat kecepatan.

Dalam hal ini yang saya jelaskan adalah kerusakan pada gear tranduser yang biasanya terjadi keausan pada gearnya.Entah itu patah atau aus karena gesekan yang kuat terhadap gear yang menempel di as transmisinya.Jika gear ini rusak atau aus maka jarum spedometer tidak berfungsi atau tidak bergerak.

Selain panel speedometer rusak dan sistem speedometer rusak, Penyebab Speedometer Mobil Mati yang lainnya yaitu terjadinya masalah pada kelistrikan mobil. Sebab panel speedometer dengan sistem kelistrikan saling berhubungan,bisa dikatakan jika kelistrikan mobil rusak maka kemungkinan besar panel speedometer juga akan bermasalah.

Baca juga Inilah alasan mengapa mobil terbaru sekarang ini menggunakan oli mesin yang lebih encer

Berikut ulasan yang telah kami rangkum dan sajikan kepada kalian mengenai Speedometer Rusak dan Cara Memperbaikinya yang semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Setelah menyimak ulasan diatas paling tidak kalian bisa menambah wawasan dalam urusan merawat mobil.

Khususnya dalam merawat speedometer dan apabila terjadi kerusakan pada speedometer paling tidak kalian bisa mengetahui sumber masalahnya dan apabila masih bisa diperbaiki sendiri kalian bisa melakukannya tanpa harus repot-repot membawanya ke bengkel