Inilah Alasan Mengapa Mobil Modern Menggunakan Oli Mesin Yang Lebih Encer


Pada mesin-mesin terbaru yang telah mengusung teknologi mutakhir membutuhkan pelumas dengan tingkat viskositas rendah. Hal ini berhubungan dengan spesifikasi komponen bergerak didalam mesin. Inilah alasan mengapa oli encer lebih cocok untuk mesin modern.
Rata-rata mesin modern saat ini menggunakan oli yang encer dengan viskositas rendah. Ada alasan mengapa pabrikan merekomendasikan oli encer ini untuk mesin mereka. Mesin kini cenderung dibuat dengan mempertimbangkan efisiensi ruang mesin. Celah antar komponen di dalam mesin dibuat seefisien mungkin sehingga membuat mesin lebih kompak (kecil) dimensinya.
Dengan kondisi demikian maka dibutuhkan pelumas yang mampu meresap ke setiap sela mesin dengan cepat dan menyeluruh. Performa yang tinggi akan membuat putaran mesin lebih tinggi, hal ini membutuhkan kinerja oli yang mampu melumasi seluruh bagian mesin dengan cepat pula. Pelumas dengan viskositas rendah adalah jawaban yang tepat untuk kondisi mesin seperti itu.
Sehingga putaran mesin yang lebih cepat maka akan tercipta gesekan yang lebih tinggi. Suhu mesin menjadi lebih tinggi karena kondisi tersebut, maka itu pelumas dengan viskositas rendah sangat direkomendasikan.
Harus diingat juga bahwa sifat oli yang lengket tetap wajib dimiliki oleh pelumas dengan viskositas rendah, maksudnya adalah meski encer, aliran oli encer tidak pernah putus untuk terus menjangkau seluruh komponen didalam mesin. Selain itu kelebihan lain dari pelumas dengan viskositas rendah adalah mengurangi beban putaran mesin, hal ini berdampak pada penggunaan bahan bakar yang menjadi semakin irit.
Penggunaan oli mesin gasoline biasanya ada 10w-40 namun dengan berkembangnya teknology oli mesin sekarang yang digunakan pada mobil produksi tahu sekarang ini adalah 0w-20.Jadi sangat encer sekali namun masih dapat melumasi bagian komponen part yang bergerak sehingga mesin tetap awet karena terjadi pelumasan yang baik.