Cara Mengetahui Minyak Power Steering Sudah Waktunya Ganti


Power steering merupakan system stering yang menggunakan hidrolik dengan bantuan tekanan oli atau minyak.Dan minyak power steering khusus digunakan hanya untuk power steering tidak bisa digunakan untuk oli komponen yang lain.Untuk itu selalu periksa jumlah oli power steering agar tidak terjadi kekurangan yang bisa mengakibatkan steering menjadi beart.

Untuk mengetahui oli power steering sudah waktunya ganti atau belum maka kita sebagai pemilik kendaraan harus mengetahui hal tersebut.Karena yang namanya oli perlu diganti secara berkala seperti halnya oli mesin.Kebanyakan oli power steering berwarna merah dan jika sudah lama tidak diganti maka akan berubah warna menjadi coklat atau hitam.

Bila mana hal ini terjadi maka segera ganti minyak power steeringnya.Bisa berakibat kualitas menjadi tidak baik dan semakin cair.Akibatnya seal power steering tidak bisa menahan tekanan minyak dan terjadi rembes atau kebocoran power steering.

Oli power steeringnya sesuai service booklet kendaraan diganti secara berkala setiap 50.000 km.Apabila kendaraan anda sudah memasuki usia 3 tahun lebih maka kemungkinan kilometer sudah mencapai 50.000 km maka sudah saatnya untuk ganti oli power steering.

Penggantian oli power steering dilakukan secara khusus dan tidak hanya menguras olinya saja.Ada teknik tersendiri agar minyak atau oli power steering tidak masuk angin.Jika hal ini terjadi maka steering akan berakibat tidak normal dan terjadi gelembung udara di system hidrolik power steeringnya.

Info bengkel Penyebab temperatur panas pada kendaraan ,ini salah satunya

Minyak power steering yang baru berwarna merah akan berubah menjadi warna pink dan bercampur busa.Hal itu dikarenakan adanya gelembung udara yang artinya system mengalami masuk angin.Untuk membuangnya angin di system juga dilakukan cara khsusus.Jika angina sudah keuar dari system maka steering akan menjadi ringan dan saat jalan kecepatan tinggi akan stabil.

Jangan sampai oli power steering berubah warna hitam karena mungkin tidak pernah diganti sama sekali.Untuk itu agar terhindar dari kerusakan yang leih berat maka ganti oli power steering sesuai standartnya yaitu secara berkala setiap 50.000 km