Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Mobil Dengan Power Steering


Power steering adalah komponen mobil yang berfungsi untuk membantu mengendalikan arah mobil,seperti untuk berbelok ke kanan dan ke kiri. System power steering memanfaatkan tekanan cairan pelumas dalam system kerjanya sehingga membuat stir mobil terasa lebih ringan untuk dikendalikan. Dibandingkan dengan system steering manual yang hanya mengandalkan putaran gigi dengan perbandingan tertentu dan hanya dibantu dengan gemuk atau fet.

Keunggulan mobil yang menggunakan power steering yaitu stir lebih ringan dan lebih mudah untuk dikendalikan. Perawatannya mudah,hanya perlu mengontrol oli atau minyak power steering pada tempat penampungannya.


Dibalik keunggulannya ada juga kekurangannya dari system power steering ini,diantaranya mudah rusak. Kenapa mudah rusak karena system power steering ini menggunakan tekanan oli dengan memanfaatkan sil sebagai pembatasnya supaya tidak bocor. Tapi jika sering terkena debu dan kotoran sil akan mudah bocor karena bahannya terbuat dari karet.

Kerusakan yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

S    
       1.As Power Steering luka dan berkarat

Ini kerusakan yang sangat fatal pada system power steering,krena jika as power steering rusak pasti juga akan menyebabkan sil power steering rusak juga. Dan jika sudah rusak susah untuk diperbaiki paling tidak harus diganti baru,dan harganya lumayan mahal. Kerusakannya biasanya diakibatkan karena kotoran yang masuk bersama oli power steering. Atau bisa juga karena oli power steering tercampur dengan air yang bisa menyebabkan karat.

S    2.Selang Tegangan Tinggi Power Steering Bocor

Kerusakan pada selang power steering biasanya diakibatkan usia selang yang sudah cukup lama. Karena fungsinya untuk mengalirkan oli power steering dengan tekanan yang cukup tinggi,maka lama kelamaan selang akan bocor dengan sendirinya karena kualitas bahannya semakin lama semakin berkurang. Saran saya jika mengganti selang power steering,beli yang original parts supaya lebih awet,karean part original kualitasnya sudah terjadi


3.Seal power steering robek

Karena bahannya terbuat dari bahan karet yang elastis yang sangat mudah robek jika terkena kotoran yang mengeras. Apa lagi untuk sil pompa power steering bagian bawah,sangat rentan dengan kotoran karena letaknya berada dibawah yang berdekatan dengan permukaan jalan. Tapi untuk sil pompa power steering bagian atas juga tidak luput dari masalah kebocoran ini,untuk bagian atas lebih disebabkan factor usia bahan pembuat sil yang sudah dimakan waktu dan mengalami penurunan kualitas. Jika sudah begini sil power steeringnya harus diganti supaya mobil anda bisa digunakaan kembali.

4.Pompa Power Steering Bocor

Dipompa power steering juga ada sebuah seal dan kadang karena umur dari seal tersebut maka elastisitasnya akan berkurang dan mengeras.Sehingga membuat oli akan rembes dan akhirnya bocor.Jika dibiarkan amaka jumlah oli power steering akan berkurang dan timbul bunyi di pompa.Steering akan menjadi berat dan dapat merusak pompa itu sendiri.Karena pompa di putar mengikuti mesin oleh sebuah fan belt maka jika tidak ada pelumasan maka komponen pompa power steering akan rusak.

Untuk itu jika terjadi jumlah oli di reservoir berkurang maka dapat dipastikan ada rembesan atau kebocoran oli power steering.Segera perbaiki atau selalu periksa jumlah olinya.Agar tidak selalu berkurang maka sediakan didalam mobil sebagai cadangan agar setiap saat diperlukan selalu sedia oli tersebut.

Info Artikel lainnya :