Penyebab Gardan Bunyi Dengung Di Mitsubishi Truck Fuso Canter


Kendaraan truck fuso canter banyak sekali dikeluhkan para driver atau pemilik kendaraan ada suara abnormal di gardanya.Suara mendengung bikin pusing dan tidak nyaman saat kendaraan dikendarai.Dari manakah suara dengung itu apakah benar dari gardan atau dari komponen yang lain.

Kita sebelumnya mengetahui kerusakan dari gardan atau pada bearing rodanya.Caranya sangat mudah dengan menganalisaterlebih dahulu pada kendaraan dengan cara test drive.Untuk suara dengung yang di akibatkan oleh bearing roda ,suara ini muncul terus saat kendaraan berjalan.Semakin kecang kendaraan berjalan maka suara dengung juga semakin kencang.Saat kopling di injak dan kendaraan jalan suara dengung masih muncul.Nah ini adalah penyebanya dari bearing roda.

Kita harus bisa membedakan antara gardan atau diffrential dengan bearing roda yang rusak.Untuk gardan suara muncul saat di akselerasi digigi tinggi.Dan ketika pedal gas dilepas kopling di injak dengan kendaraan masih berjalan suara abnormal dengung tersebut hilang.Suara semakin keras dankencang ketika kendaraan di akselerasi secara terus menerus secara bertahap.

Info service Alasan mengapa pakai oli encer untuk mobil baru

Gardan mbengung  di akibatkan oleh backlash gigi gardan yang berlebihan.Dikarenakan pemakaian oli tidak dilakukan penggantian secara berkala.Kadang pemilik kendaraan tidak mau ganti oli gardan karena takut akan mendengung.Sampai bertahun tahun tidak pernah ganti dan muncullah trouble tersebut.

Karena kaulitas oli sdah jelek maka pelumasan tidak sempurna sehingga gigi gardan cepat aus.Timbul yang namanya backlash dan akibatnya suara dengung.Untuk mengantisipasinya yaitu dengan cara penggantian oli gardan secara berkala setiap 30.000 km pada kendaraan truck.

Oli yang digunakan menggunakan oli khusus yaitu SAE 140 GL5.Dimana oli ini di khususkan untuk differential atau gardan kendaraan truck.Karena sangat kental dan pelumasanya sangat baik untuk gigi gardan.

Jika sudah terjadi suara dengung pada gardan maka segera periksa backlashnya.Harus distel menggunakan alat khusus sehingga didapat play atau celah backlash yang sesuai dengan satndarnya.Jangan lupa cek semua bearing apakah sudah aus atau berubah bentuk.Biasanya karena oli yang tidak pernah diganti maka bearing menjadi aus dan rumahanya terlihat aus yang berlebihan.

Dengan penyetelan yang pas dan di isikan oli baru pada gardan maka suara abnormal yaitu dengung tadi akan hilang.Jika masih muncul kemungkinan adalah ring gear yang sudah rusak atau sudah aus.Yaitu ring gear dan gigi pinionnya.Jika demikian maka harus ganti set gigi pinion dan gigi ring gearnya.

Baca juga Boros manakah antara mobil matic dan mobil manual