Salah Satu Penyebab Rem Ables Pada Kendaraan Dengan System Rem Cakram


Rem pada kendaraan sangat penting fungsinya karena itu harus segera tertangani jika meneumakn gejala awal pada rem dikendaraan anda.Entah rem itu terasa agak dalam saat dilakukan pengereman atau rem ngempos dalam arti remnya ambles.Sehingga jika dibiarkan akan terjadi hal yang fatal karena rem sendiri berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Ketika anda merasakan hal yang aneh sebaiknya lakukan pemeriksaan secara sederhana pada kendaraan.Coba periksa jumlah minyak remnya apakah masih dalam kondisi yang wajar atau jumlahnya berkurang.Untuk itu selalu periksa minimal satu minggi sekali atau setiap kendaraan akan digunakan.

Contoh yang pernah saya tangani di bengkel adalah keluhan dari customer yang datang kebengkel mengeluhkan kendaraannya rem kadang-kadang ambles.Nah ini yang bisa bikin kita khawatir karena rem yang kadang-kadang ambles.Ambles berarti ketika rem di injak sampai kebawah kendaraan tidak mau berkurang kecepatanya,atau tidak mau berhenti.

Hal ini dapat dipastika rem mengalami masalah,entah terjadi kebocoran di system remnya atau ada masalah yang lain.Untuk itu kendaraan harus dibawa kebengkel dan dilakukan pemeriksaan rem di setiap rodanya.Roda kita lepas dan semua komponen rem diperiksa satu persatu apakah terjadi rembesan keep remnya atau kampas rem yang sudah aus atau tipis.

Info Trouble Penyebab temperatur panas pada mobil I Water Pump Bocor

Saat dilakukan pemeriksaan yang menggunakan rem cakram maka perlu melihat lebih dalam di posisi boot karet penutup untuk remnya.Boot tersebut jika tidak sobek maka ketika terjadi rembesan minyak rem tidak akan terlihat dan tidak akan terdeteksi.Harus membuka karet penutup atau boot tersebut sehingga akan terlihat cairan rem di tempat tersebut.

Jika kondisi kering maka rem dalam keadaan baik tidak terjadi rembes.Berbeda jika ada cairan basah maka kemungkinan adalah minyak rem rembes dari komponen tersebut.Setelah kita bongkar maka akan terlihat kerusakan dari system komponen apa.Apakah dari seal yang sudah aus sehingga perlu dilakukan penggantian seal piston untuk remnya.

Untuk yang kami temukan adalah kerusakan di piston itu sendiri.Piston berkarat yang akhirnya akan mengikis body piston yang akhirnya akan rusak.Body piston yang sebagai jalur untuk seal seharusnya halus dan persinggungan dengan seal harus rapat sehingga minyak rem tidak bocor.

Jika sampai terjadi demikian yaitu piston rem aus karena korosi atau berkarat maka harus dilakukan penggantian piston.Tidak bisa diperbaiki atau di gunakan kembali.Jika digunakan kembali akan berakibat rem rembes dan akhirnya fungsi rem tidak maksimal.

Baca juga Tips memilih oli mesin yang bagus untuk mobil

Setelah perbaikan ganti seal dan piston dikendaraan maka trouble tersebut dari customer sudah hilang.Kendaraan setelah di test drive dengan jarak yang lumayan jauh trouble rem kadang-kadang ambles sudah tidak muncul.Dari artikel ini disimpulkan penyebab rem ambles adalah dari piston yang sudah aus.Ketika piston bergerak melewati seal terutama yang terkena bagian body yang sudah aus maka tekanan rem akan turun dan menyebabkan rem ambles.