Alasan Mengapa Posisi Reservoir Air Cooling Pindah Pada Mitsubishi L300



Kendaraan L300 terbaru dengan system power steering sudah banyak perubahan dari sisi engine dan fiturnya.Namun untuk body dan system transmisi tidak mengalami perubahan yang banyak dan hampir sama.Hanya beda di grill depan dan beberapa lampu belakang posisinya dan bentuk dari lampu itu sendiri.

Dulu kendaraan L300 yang lama banyak keluhan terjadi dikendaraan ini yaitu jumlah air radiator selalu berkurang.Hal ini dikarenakan ditempungan air atau reservoirnya tidak ada karena jatuh.Atau berlubang pecah dikarenakan berbenturan dengan kipas radiator.

Mengapa hal ini bisa terjadi yaitu karena posisi reservoir ini terletak dibagian sisi sebelah kiri engine.Jika dilihat kita dari depan ada di dekat battery kendaraan.Atau tepatnya depan bosh pomp atau injection pumpnya.Reservoir ini menempel di dudukan yang dapat radiator.Dengan baut ukuran 10 dan hanya menopang tidak sempurna dan juga tidak kuat dari bahan dudukanya.

Karena bahan terbuat dari plat tipis dan jika kendaraan jalan dengan kondisi jalan bergelombang akan berpengaruh besar terhadap dudukan tampungan air ini.Tampungan akan goyang dan jika tidak kuat akan jatuh.Bisa langsung jatuh dijalan dan hilang atau masih menempel dan terkena gesekan kipas radiator.

Reservoir ini hanyak menempel dengan cara ada celah di rumah reservoir sehingga menempelnya tidak kuat.Lebih lagi jika ada tambahan air didalamnya untuk system pendingin mobil.Maka akan semakin bebanya semakin berat.Dengan adanya keluhan seperti ini maka banyak terjadi jumlah air radiator selalu berkuarang.Bahkan engine terjadi over heat karena system pendingin dikendaraan tidak bekerja dengan baik.

Dengan adanya banyak keluhan dari pemilik dan pengguna kendaraan mitsubishi L300 ini.Dari pabrik posisi dari reservoir di pindah tempat.Lokasinya tidak lagi di depan bosch pomp atau injection pump namun ada di bawah jok driver.Yaitu sebelah kanan dekat rumah filter udara menempel di body kendaraan.

Reservoir tetap dihubungkan dengan selang yang menuju ke radiator.Jadi untuk posisi mesin panas ,air diradiator akan masuk ke reservoir untuk didinginkan.Dan apabil sudah dingin maka akan kembali keradiator.Proses ini berlangsung secara terus menerus.

Apabila reservoir ini rusak pecah atau bocor maka akan berakibat jumlah air radiator akan berkurang sehingga akan timbul engine panas atau over heat.Apabila sudah terjadi seperti ini maka cylinder head akan panas dan menyebabkan melengkung.Jadi engine akan bocor saluran air antara cylinder head dan block cylinder.Oli mesin akan bercampur air.Jika sudah demikian maka engine perlu di semi over houle untuk memperbaiki cylinder headnya.




Kadang pemilik atau driver tidak mengetahui bahwa reservoir atau tampungan air radiator sudah pindah lokasi.Hal ini lebih bagus dari pada posisi sebelumnya,karena resiko terjatuh dan hilang dijalan saat kendaraan berjalan tidak terjadi.Begitu juga dengan kondisi retak dan getar karena gerakan kendaraan dijalan yang gelombang hampir tidak akan terjadi.

Karena lokasinya jika jatuh masih akan disekitar tempatnya karena ditahan oleh rumah filter udara.Goncangan atau getaran kendaraan tidak mempengaruhi karena desain dudukan yang lebih baik dan tentunya lebih kuat.

Jadi untuk memeriksa jumlah air radiator di kendaraan maka periksa di reservoirnya atau tampunganya.Dengan cara membuka jok driver terlebih dahulu.Namun untuk membuka jok driver sebelumnya harus membuka joka penumpangnya.Memang ada yang bilang agak ribet untuk memerikas jumlah air radiator direservoir karena harus membuka jok semua.Namun demi keamanan engine di system coolingnya maka lokasi reservoir dirubah oleh pabrik.


Semoga bermanfaat karena dengan adanya keluhan dari konsumen sehingga pabrik memberikan opsi untuk posisi dari reservoir kendaraan Mitsubishi l300 sudah pindah posisinya.