Apa Itu Diesel Injection Cleaner Untuk Mobil Common Rail System


Kendaraan diesel yang sudah menggunakan system common rail maka untuk membersihkan injector atau nozle harus membuka komponen yang banyak dan ribet.Sehingga diperlukan waktu yang lebih lama untuk membersihkan injector.

Injecot atau nozle memang tidak ada rekomendasi untuk membersihkan namun apa salahnya jika injector dibersihkan ujungnya dari kerak karbon sehingga bahan bakar yang di injeksikan akan sempurna dan tidak ada yang terhambat.

Untuk kendaraan diesel yang masih menggunakan injection pump lebih mudah dalam proses pembongkaran injector.Tidak perlu membuka komponen banyak sehingga waktu lebih efisien.Saat dilakukan engine tune up pada diesel konvensional maka perlu membuka inejctor untuk pembersihkan agar kembali normal.

Berbeda untuk type  common rail sekarang sudah ada yang namanya diesel injection cleaner.Jadi alat tempur service ini digunakan saat engine tune kendaraan common rail seperti fortuner diesel,innova diesel dan pajero sport.Termasuk kendaraan lain yang sudah diesel common rail system.

Untuk cara memakaianya yaitu dengan cara di purging.Yaitu ketika fuel filter lita lepas untuk penggantian atau pembersihan maka selang yang masuk ke supply pump kita masukan cairan diesel injection cleaner.Untuk selang kembali dari engine kita lepas dan masukan kembali ke tempat cairan diesel injection cleaner tersebut.Jadi dengan mesin hidup dan digas dengan rpm 2000 an maka cairan ini akan bersirkulasi.

Info service Tips merawat mobil yang jarang dipakai agar tidak rusak

Cairan ini akan masuk kedalam supply pump dan injector untuk membersihkan kerak didalam injector dan ujung injector.Hasil cairan ini akan di injeksikan kedalam ruang bakar sehingga ruang bakar akan kembali bersih.Untuk sisa cairan tadi lewat selang balik masuk lagi ke tempat diesel injection cleaner.

Proses ini berulang-ulang sampai didapatkan engine pada injectornya bersih dan tidak ada lagi sisa cairan didalam tampungan diesel injection cleaner.Setealh proses selesai maka tutup semua selang dan pasangkan di masing-masing jalurnya.Seperti ini adalah proses purging untuk kendaraan diesel engine type common rail system.

Ada juga yang langsung cairan ini dimasukan kedalam fuel filter sehingga lebih mudah lagi.Jadi saat ganti filter solar dan akan memasang filter solar baru cairan diesel injection cleaner dimasukan kedalam filter solar.Langsung dipasang dan kendaraan dinyalakan.

Baca juga Cara memeriksa kondisi battery mobil dengan mudah

Kemudian langsung gas rpm 2000 sampai beberapa menit hingga cairan tersebut akan bercampur solar dari tangki bahan bakar.Setelah selesai semua rasakan bedanya sebelum dan sesudah melakukan diesel purging pada kendaraan diesel anda.

Diesel injection cleaner dapat dipesan di bukalapak atas nama "Mitsubishi Center".Dengan harga yang murah dapat melakukan diesel purging pada kendaraan diesel.Baik itu diesel type konvensional atau yang sudah diesel common rail system.