Mobil Jarang Dipakai Bisa Menyebabkan Cepat Rusak,Berikut Tipsnya


Kondisi kemacetan di ibu kota membuat orang malas membawa kendaraan sendiri, terutama mobil. Akhirnya mobil jarang dipakai dan terdampar di garasi. Mungkin Anda berpikir mobil tak akan rusak jika tak dipakai. Namun, pemikiran tersebut bisa saja salah.


Jika mobil jarang dipakai belum tentu bebas masalah. Malah sebaliknya.Mau dipakai setiap hari atau jarang, seharusnya tidak ada perbedaan dalam hal perawatan. Justru anggapan seperti lebih awet dan lain-lain itu salah, karena bila tidak dibarengi dengan pengecekan dan perawatan juga otomatis mobil yang diam akan lebih bermasalah

Mobil yang jarang digunakan biasanya akan mendapatkan 'penyakit'. Pertama masalah pada aki atau baterai yang besar kemungkinan menjadi lemah. Kondisi itu terjadi akibat tak adanya siklus pengisian ulang yang biasa otomatis terjadi saat mesin hidup atau saat berjalan.Kedua, kerusakan juga bisa menyerang pada kaki-kaki kendaraan, dalam hal ini ban. Akibat terlalu lama berdiam membuat tekanan udara ban bisa berkurang hingga akhirnya mengempis.

Info service Penyebab gardan bunyi pada kendaraan,ternyata ini

Besar kemungkinan bisa menyerang bearing roda karena beban hanya terjadi pada satu titik saja, tidak ada rotasi atau pergantian tumpuan pada permukaan ban.Kalau memang mobil jarang dipakai, minimal rajin untuk dipanaskan, minimal dua hari sekali. Panaskan selama 15 menit, agar alternator bisa mengisi kembali daya pada aki. Bila ingin maksimal memanaskan, baiknya sambil berjalan agar roda ikut bergerak.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi oli mesin. Sebab jika lama tak dipakai, bisa saja oli mesin mengendap di bawah.Jika begitu, bisa berbahaya karena tanpa adanya supply oli yang beredar pada komponen bisa saja membuat gesekan antar komponen akan terjadi bila mobil terlalu lama didiamkan.

Membersihkan semua kotoran didalam kabin dan juga di exterior sangat penting.Karena kotoran yang menempel jika dibiarkan akan membuat korosi dibagian kendaraan.Yang akhirnya akan cepat rusak karena korosi tersebut.

Langkah terakhir adalah ketika kendaraan sudah bersih maka dapat di kerudungi dengan selimut kendaraan.Agar terhindar dari debu dan kotoran yang menempel.Hal ini akan membuat awet cat mobil dan tentunya akan terlihat selalu bersih exteriornya.Pastikan ketika menutup dengan selimut kendaraan dalam kondisi yang sudah kering.Karena jika masih lembab akan merusak body atau cat kendaraan.

Baca juga Cara mudah untuk merontokan kerak didalam engine