Perlukan Minyak Rem Diganti Secara Berkala Pada Mobil


Kendaraan dengan system hidrolik sangat penting kita harus mengetahuinya.Karena sering terjadi laka llu lintas dikarena system rem yang bermasalah.Rem yang ambles atau terjadi kebocoran sehingga rem menjadi los.Tidak bekerja rem nya sehingga kendaraan tidak bisa berhenti.

Kejadian sudah banyak sehingga dalam artikel ini saya akan menginfokan tentang pentingnya minyak rem pada mobil.Jadi untuk minyak yang kotor maka akan membuat seal menjadi cepat rusak.Seal yang terbuat dari bahan karet dengan terkena minyak rem yang sudah lama maka bisa memuat seal semakin mengeras dan kempes.

Dalam hal ini membuat lapisan dengan rumah remnya akan tidak rapat.Sehingga terjadi rembesan yang lama kelamaan nenbuat rem menjadi tidak berfungsi dengan baik.Banyak sekali dari pemilik kendaraan yang jarang memeriksa minyak rem di mobil.Kalau ingin melihat tempatnya sebelah mana yaitu ada dibagian mesin sebelah kanan.

Baca juga Salah satu penyebab rem keras pada mobil

Karena rem ada dikanan maka reservoir minyak rem juga ada dikanan.Lihat kondisi minyak remnya apakah sudah berubah warna menjadi hitam.Yang jika minyak rem masih bersih yaitu berwarna putih kekuning-kuningan.Juga periksa jumlahnya pakah masih dalam batas atau berkurang.Apabila berkurang menandakan bahwa ada rembesan atau kebocoran di bagian roda atau bagian yang lain.

Untuk penggantian minyak remnya dilakukan setiap 40.000 kilometer.Jadi diganti secara berkala setiap kilometer tersebut.Meskipun sudah tercapai kilometer tersebut dan warna dari minyak rem masih bagus maka tetap harus diganti.Karena dari sisi kimiawi dari minyak rem akan berubah.

Warna masih bagus akan tetapi senyawa kimiawi yang berubah dan bisa menyebabkan vapour lock di system rem.Vapour lock yaitu ketika rem digunakan secara terus menerus maka akan menjadi panas dan merubah fungsi minyak rem.Sehingga rem tidak berfungsi dengan baik terutama pada jalan turunan.

Maka untuk itu ganti minyak rem secara berkala sehingga kendaraan tetap dalam kondisi yang rpima.Rem berfungsi dengan baik dan nyaman digunakan untuk perjalanan.Biasanya untuk minyak rem itu tidak pernah diganti kecuali jika terjadi overhoule rem.Rem rusak dan bocor baru diperbaiki dan sekalian ganti minyak rem.