Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada Kendaraan I Cooling System


Kendaraan diesel atau bensin menggunakan semuanya air sebagai pendingin kendaraan.Dilengkapi dengan berbagai komponen sehingga air dapat mengalir kesemua bagian kendaraan.Waktu temperatur panas dan temperatur dingin sirkulasi air akan berbeda.

Juga dilengkapi tambahan kipas untuk mendinginkan suhu temperatur pada kendaraan.Baik itu kipas electric atau kipas manual yang dihungkan ke mesin untuk memutarkanya.Ketika terjadi motor kipas electric mati atau rusak maka akan terjadi trouble temperatur engine yang panas.

Dalam artikel ini saya menulis tentang apa yang terjadi pada kendaraan yang baru selesai melakukan service.Dimana terjadi rembesan air radiatornya sehingga jumlah air radiator akan berkurang.Apabila dibiarkan lama kelamaan akan menjadi berkurang yang banyak bahkan akan kosong air radiator didalam engine.Efeknya temperatur engine akan meningkat panas.

proses investigasi kerusakan ada di radiatornya yaitu terjadi lubang kecil dan bocor dari situ.Air menyebar ke semua bagian engine jadi terlihat seperti berubah warna.Warna coolant yang hijau ada juga yang warna pink akan membuat komponen di sekitar kebocoran berubah warna.

Untuk mengastasinya secara mudah apabila tidak dilakukan penggantian yaitu dengan menambal bagian yang bocor tadi.Jadi sebelum ditambal harus dikeringkan terlebih dahulu.Air di dalam radiator dikuras sampai habis kemudian kita semprotkan tekanan angin dari kompresor agar bagian yang bocor tadi memang sudah kering.

Apabila sudah kering akan melekat dengan sempurna untuk lemnya tadi.Kita menggunakan lem palstic steel yang banyak dijual ditoko spare part.ita tambal bagian yang berlubang kemudian tunggu sampai kering.Barulah isi radiator sampai penuh dan saatnya untuk test jalan.

Baca juga Cara memeriksa kondisi battery mobil dengan mudah

Setelah kendaraan berjalan dan bagian sisa kotoran hasil kebocoran coolant kita bersihkan hasilnya tidak ada kebocoran lagi.Jumlah air didalam radiator tidak berkurang dan posisinya pas.Hal yang harus diperhatikan ketika hemat budget perbaiki radiator yang bocor yaitu dengan ditambal plastic steel.

Dengan menambalnya harus benar-benar kering bebas air agar melekat dengan sempurna dan dapat menutup lubang yang bocor.Dijamin awet dan tahan lama untuk tidak terjadi kerusakan atau kebocoran air coolant.

Ini bisa dilakukan hampir disemua radiator yang terjadi kebocoran.Hemat dan trouble dapat segera tertangani.Semoga bermanfaat artikel yang saya tulis kali ini.

Info trouble salah satu penyebab rem keras pada kendaraan