Tips Cara Mengetahui System Rem Bermasalah Di Mobil


Banyak yang kurang mengerti tentang pentingnya system rem pada kendaraan.Sampai-sampai ketika kendaraan rusak untuk rem nya baru dibawa ke bengkel.Maka untuk itu dalam artikel ini saya menginformasikan tentang pemeriksaan sederhana mobil anda untuk mengetahui rem bermasalah atau tidak.

Yang perlu anda ketahui adalah pemeriksaan harian di bagian kendaraan yaitu di ruang enginenya.Karena letak dari minyak rem ada di bagian engine sebelah kanan.Karena pedal rem ada dikanan untuk kendaraan di negara kita maka boster dan reservoir remnya juga ada di kanan.

Mungkin ada pemilik kendaraan yang selalu memeriksa kendaraan ketika akan dipakai.Entah itu hanya dengan membuka kap mesin kemudian dilihat secara sekilas ada yang aneh atau tidak.Mungkin juga yang langsung kendaraan dipakai tanpa di cek terlebih dahulu.

Dengan memeriksa seperti itu maka akan tahu ada bagian yang tidak normal.Misal kita berbicara tentang system rem.Untuk rem sendiri ada reservoir yang berisi minyak rem didalamnya.Jika minyak rem kita buka dan melihat isinya maka apakah dalam kondisi normal atau sudah berkurang banyak.

Info service Cara pemeriksaan battery dengan mudah dilakukan sendiri dirumah

Dengan demikian jika jumlah minyak remnya berkurang kita isi sesuai batas uppernya.Yaitu batas paling atas untuk isi minyak rem.Untuk memastikan nanti minyak rem berkurang lagi setelah beberapa minggu kendaraan dipakai maka kita buka kap mesin.Lihat dari kondisi reservoirnya apakah berkurang atau masih tetap.

Jika berkurang maka pasti ada bagian system rem yang bocor atau rembes.Entah dibagian ke empat rodanya.Atau dibagian master remnya yang bermasalah.Segera periksakan kendaraan anda ke bengkel langganan untuk mengetahui lebih dini kerusakan dari komponen apa.Karena jika dibiarkan lama-kelamaan akan terjadi rem yang ambles dan tidak pakem.

Akan lebih bahaya jika system rem tidak bekerja dengan baik.Apabila sudah diperbaiki maka gejala minyak rem yang berkurang tadi dapat segera di atasi.Biaya yang timbul tentunya akan lebih sedikit jika nanti dibiarkan sampai sudah rusak terlalu parah.

Baca juga Penyebab rem ambles untuk type rem cakram pada mobil

Jadi untuk kesimpulan ini adalah selalu periksa bagian komponen kendaraan anda dengan membuka kap mesin.Dengan itu akan terlihat mana ada komponen yang sudah ada tanda kerusakan.Hal ini berlaku untuk semua komponen yang ada cairanya yaitu misal minyak kopling,minyak power steering dan air radiator.Semua minyak yang ada didalam reservoir tidak akan berkurang jika tidak ada kebocoran dan sebaliknya.