AWAS AKI MOBIL TEKOR !!! Lupa Kapan Terakhir Ganti Aki Mobil Penyebab Mobil Mogok


Kala itu malam-malam ditelpon sama pihak customer langganan bengkel.dalam percakapan telepeon itu mobilnya mengalami masalah tidak bisa start saat dijalan.Jadi ketika mobil berjalan tiba-tiba saja kelistrikan engine menjadi redup dan akhirnya mesin mati dan mogok.

Lampu utama menjadi redup dan indikator di dashboard juga tidak menyala dengan terang.Setelah menerima penjelasan dari customer langganan maka kami dapat menyimpulkan bahwa kerusakan ada di aki yang tekor atau pengisian dinamo amper yang bermasalah.

Langsung kita bawakan aki cadangan yang masih sehat ketempat lokasi dimana mobil tersebut mogok.Setelah sampai lokasi tujuan maka dilakukan pemeriksaan dan memang benar untuk tegangan aki sudah mendekati low.

Kami ganti dengan aki yang baru dan sehat langsung jreng.Engine menyala dengan normal dan diakselerasi juga tidak masalah.Kemudian dilakukan pemeriksaan charging system di mobil tersebut.Dengan menggunakan sebuah avometer dicek tegangan yang keluar dari alternator.

Tegangan yang keluar harus diatas tegangan battery atau aki yaitu sekitar 14,5 volt.Dan hasilnya untuk tegangan yang keluar dari dinamo amper mobil tersebut sudah masuk standar.Dari sini maka dinamo amper dalam kondisi baik dan tidak bermasalah.

Baca juga Cara membaca kode dan warna kabel kelistrikan mobil

Ternyata setelah dicek aki bekasnya ada tanggal waktu penggantian yaitu sudah kadaluarsa.Tanggal penggantian waktu itu sudah dua tahun yang lalu dari tanggal saat kendaraan ini diperbaiki.Jadi untuk anda pemilik kendaraan jangan lupa cek kondisi aki mobil anda.

" Racing CHip Penambah Power Engine "

Jika perlu cek kapan terakhir anda ganti aki pada mobil.Biasanya untuk penggantian ada tulisan tanggal bulan dan tahun di body aki.Apabila tidak ada maka coba ingat kembali dan jika sudah lama misalkan sudah hampir dua tahun maka sebaiknya siapkan budget untuk penggantian aki sebelum tekor dan mogok dijalan.

Info service PART INI RUSAK !!! Penyebab System Rem Pada Kendaraan Kadang Ambles

Komentar