ELECTRIC PARKING BRAKE Problem !!! Informasi Mengenai Masalah Yang Terjadi Pada Rem Parkir electric Mobil

 


Rem parkir pada kendaraan sekarang ini sudah berubah dari yang dulu masih manual menggunakan rem tangan.Dengan bantuan kabel yang terhubung dengan kampas rem roda belakang.Kemudian ditarika menggunakan handle rem parkir sehingga kabel akan menarik kampas rem untuk menahan tromol.

Namun untuk kendaraan yang terbaru sudah menggunakan rem parkir model electronic.Hanya dengan menahan tombol maka motor akan bekerja untuk menarik kabel handrem.Perbedaanya disini adalah dari yang menariknya.

Karena dulu yang menarik menggunakan tenaga dari tangan kita namun sekarang sudah ada motor listrik yang akan bekerja.Jadi lebih ringan dan modern dalam system electrical brake system ini.Namun untuk kendaraan yang sudah lama maka tidak menutup kemungkinan EPB ( Electronic Parking Brake ) mengalami kerusakan.

Dari motor yang tidak bekerja sehingga hand rem tidak berfungsi dengan baik.Begitu juga  ketika motor bekerja namun tidak mampu menarik dengan kencang sehingga handrem masih kurang pakem ketika parkir di jalan miring.

Banyak masalah yang terjadi karena motor EPB letaknya ada di bawah sehingga rawan terkena air.Karena motor electric jika terkena air pasti akan konslet dan rusak.Harganya motor hand rem electric ini juga tidak murah,karena jika sudah rusak maka harus ganti secara assy.

Info service Cara membaca kode dan warna kabel untuk kelistrikan mobil

Jika epb rusak maka di indiaktor dashboard akan menyala parking brake service required terutama di mitsubishi all new pajero sport.Menandakan adanya kerusakan atau keabnormalan pada electric parking brake.Ketika rusaknya pas posisi release atau bebas maka mobil akan masih bisa jalan karena hand rem dalam posisi bebas.

Berbeda jika pas kondisi rusaknya di posisi terkunci sehingga perlu dilakukan pelepasan secara manual untuk kabel handremnya.Agar kendaraan tetap bisa berjalan meskipun handrem tidak berfungsi dengan baik.Namun untuk matic masih ada posisi untuk P ( parkir ) sehingga kendaraan akan masih aman ketika parkir di daerah tidak rata.

Baca juga Spedometer mati !!! Inilah salah satu penyebabnya pada kendaraan

Komentar