SPEDOMETER MATI !!! Coba Periksa Komponen Berikut Yang Menjadi Penyebabnya

 


Untuk ganti oli mesin perlu dilakukan secara berkala pada kendaraan.Agar mesin lebih awet dan juga bebas dari kerusakan.Pilihan oli mesin yang baik sesuai dengan jenis oli mesinnya.Karena jika tidak dilakukan rutin penggantian oli mesin maka pasti pelumasan pada komponen engine akan jelek,menjadi cepat aus.

Kalau anda pemilik kendaraan untuk ganti oli mesin biasanya sesuai kilometer atau bulan.Karena banyak dari pemilik atau driver yang mengganti oli mesin pakai bulan atau dalam dua kali perjalanan .Dihitung secara manual.Misal dari jawa ke sumatra pakai truck dan dua kali PP sudah waktunya ganti oli mesin.

Cara seperti itu bisa dilakukan ketika indikator spedometer rusak atau mati.Sehingga tidak diketahui waktu ganti oli mesin yang tepat.Karena hanya dengan memakai bulan itu tidak dapat dipastikan kilometer yang tercapai.

Karena tergantung perjalanan apakah setiap hari,jaraka yang ditempuk dan lewat jalan mana.Sehingga angka di kilometer dapat dipastikan tidak sesuai untuk waktu interval ganti oli mesin.Maka sebaiknya ganti oli mesin yaitu dengan standart kilometer di mobil.

Dengan adanya kilometer maka kita bisa tahu bahwa ketika kendaraan berjalan terus setiap hari maka kilometer juga semakin cepat tercapai untuk ganti oli mesin.Ganti oli mesin setiap 5000 kilometer atau 10.000 kilometer untuk kendaraan.

Untuk kali ini di kendaraan mitsubishi L300 yang menjadi penyebab spedometer tidak jalan ada beberapa komponen yang dapat dicurigai menjadi penyebabnya.Dari kabel spedometer yang putus,indikator di dashboard yang mengalami kerusakan.Juga termasuk gear spedometernya yang kecil atau gear spedometer yang besar menempel di as transmisi.

Info service Type dan Jenis-Jenis Sensor Pada Mobil Injeksi

Gearnya mengalami kerusakan karena sudah aus dan berubah bentuk.Sehingga ketika mobil berjalan,putaran dari transmisi tidak dapat diteruskan ke gear kecil spedometer dan ke kabel spedometernya.Otomatis jarum indikator spedometer akan mati atau tidak bergerak.

Jika gear yang aus tadi diganti maka putaran langsung di hubungkan ke kabel spedometer sehingga indikator jarum di dashboard bisa bergerak untuk dapat menunjukan jarak ketika kendaraan berjalan.

Baca juga Cara menguras minyak power steering pada Mobil

Untuk anda yang kendaraannya masih mengalami kerusakan spedometer bisa diperbaiki lebih dahulu agar bisa mengganti oli mesin sesuai dengan jarak yang ditempuh.Sehingga engine akan lebih aawet dan tidak cepat rusak karena selalu dirawat.

Komentar