KELUHAN KOPLING XPANDER !!! Sering Terjadi Kampas Kopling Selip Mitsubishi Xpander Manual


Kendaraan mitsubishi xpander type manual itu ternyata banyak sekali keluhanya.Karena setelah memakai mobil manual ini banyak yang merasa untuk koplingnya ada yang tidak normal.Kopling terlalu tinggi sehingga sangat tidak nyaman ketika digunakan dijalan yang macet bahkan menanjak.

Sering saya temui mobil baru xpander yang koplingnya habis karena aus salah pemakaian.Padahal mobil masih baru dan kilometer masih dibawah namun kejadian ini tidak hanya satu dua kali pada pelanggan kendaraan mitsubishi.

Kopling yang aus karena selip hal itu dikarenakan adanya kopling yang stelannya terlalu tinggi sehingga saat akan melepas pedal kopling di imbangi dengan pedal gas yang terlalu besar.Apalagi dijalan menanjak yang belum terbiasa akan mati enginenya.

Untuk itu setelah terjadi demikian akan timbul bau yang tidak enak.Bau tersebut adalah kampas kopling yang selip dan terbakar karena panas.Dengan dicek dan di turunkan transmisinya beserta kampas kopingnya untuk di cek kondidi kampas kopling.

Biasanya jika sudah terjadi demikian maka dapat dipastikan kampas kopling sudah aus dan wajib untuk diganti.Jika dibiarkan maka tenaga engine akan hilang karena kerja dari kampas kopling tidak maksimal.


Sebaiknya setelah dilakukan penggantian kampas kopling maka perlu yang namanya pembersihan disekitar kopling.Karena bau tersebut sangat menyengat dan tidak akan hilang jika tidak dibersihkan dengan baik.Dicuci dengan sabun jika perlu sehingga tidak timbul bau lagi dikemudian hari.

Jadi untuk pemilik xpander wajib hati-hati terutama yang menggunakan type transmisi manual.Karena untuk koplingnya tidak bisa dilakukan penyetelan.Sebenarnya bisa dilakukan penyetelan jika stelan tersebut diganti dengan sebuah alat khusus yaitu CPA ( Clutch Pedal Adjuster ).


Untuk CPA ini anda bisa dipesan di kolom komentar dalam video.Dijamin kopling akan nyaman dan awet tentunya karena bisa di stel manual untuk ketinggianya.

Komentar