Banyak yang belum tahu !! Inilah tanda-tanda aki mobil sudah waktunya ganti


 Pernahkan anda mengalami mobil mogok dijalan secara tiba-tiba.Dari yang awal perjalanan mobil dalam keadaaan normal namun setelah berhenti mungkin makan siang atau istirahat di pom bensin,setelah engine dimatikan dan akan dilakukan starter ternyata tidak bisa.

Engine tidak mau starter sama sekali hanya timbul bunyi cetek-cetek saja.Jika anda mengalami hal seperti itu bisa jadi itu adalah kerusakan di system aki pada mobil.Memang untuk kerusakan aki pada mobil itu tidak bisa diprediksi kapannya.Namun untuk gejalanya itu bisa dirasakan sama pemilik atau driver kendaraan yang sering menggunakanya.

Jika waktu starter itu terasa sekali berat dan lama untuk hidup bisa saja aki mobil sudah melemah meskipun akhirnya engine bisa hidup.Apalagi jika mobil dalam keadaan parkir semalaman dan besok paginya mau digunakan tidak bisa starter maka aki tersebut sudah tidak bisa menyimpang tegangan ( aki drop ).

Sehingga apabila sudah demikian maka jangan aki itu di charge ulang.Mungkin saja dalam dua atau tida hari bisa normal namun kerusakan tidak bisa starter pasti akan timbul lagi.Nantinya akan membuat tidak nyaman ketika terjadi mogok disaat ada acara yang penting dan terburu-buru.

Baca juga Penyebab suara mesin kasar mitsubishi xpander

Aki bisa dicek secara berkala setiap minggu sekali dengan melihat jumlah air akinya.Jika kurang selalu di isi sehingga jumlah air tidak akan sampai habis yang menjadi penyebab aki tersebut cepat rusak.Terminal aki yang kotor juga harus selalu dibersihkan secara berkala agar tegangan dari batteray selalu terhubung dengan baik ke system kelistrikan engine.

Tips jika aki tekor pada mobil matic

Untuk yang mobil akinya sudah lebih dari satu tahun maka coba periksakan kondisi akinya apakah masih sehat atau tidak.Karena ada aki yang masa usianya sudah satu tahun mengalami penurunan performa sehingga perlu ganti aki.

Komentar