Mitsubishi Xpander Suara Mesin Kasar I Ganti Bearing Dinamo Amper ( ALTERNATOR )


Masih seputar dunia otomotif pada artikel yang akan saya tulis ini akan menginformasikan tentang trouble suara abnormal di kendaraan mitsubishi xpander.Jadi ada keluhan oleh pelanggan bahwa mobilnya mengalami masalah suara abnormal ketika stasioner.

Dan suara akan semakin keras ketika gas nya dinaikan.Setelah masuk bengkel kita analisa dari suara abnormal tersebut.Ternyata suara berasal dari bagian mesin sebelah kiri yang berhubungan dengan fan belt.Maka langsung kita lepas fan belt untuk memastikan suaranya berasal dari bagian komponen part apa.

Karena ketika engin berputar akan samar suara tersebut.Bisa dari mesin atau water pump,alternator,kompresor ac atau yang lainnya.Karena trouble dimitsubishi xpander ini jika engine di gas maka suara semakin naik maka analisanya adalah dari komponen yang berputar.

Setelah fan belt dilepas dan engine dinyalakan ternyata suara abnormal tersebut sudah hilang.Memang benar analisa kami bahwa komponen kerusakan bukan dari mesin.Karena ketika engine nyala tidak menggunakan fan belt suara kasar tidak terdengar lagi meskipun engine di gas.

Langsung ke komponen tadi yang berhubungan dengan fan belt yaitu ac kompresor,dinamo amper dan water pumpnya.Kita periksa putarannya satu persatu dan ternyata ada kerusakan atau suara abnormal di bagian alternator ( Dinamo Amper ).


Dilakukan pembongkaran alternator dan ternyata kerusakan ada di bagian bearing.Kasus ini di mitsubishi xpander baru mengalami dan trouble seperti ini sering juga terjadi di mitsubishi colt diesel canter.Sama persis engine suara kasar dan ternyata dari bearing alternator yang bermasalah.

Ganti bearing alternator Canter

Setelah bearing diganti dengan yang baru dan dirakit kembali.Ternyata suara abnormal tersebut sudah tidak ada.Suara engine mitsubishi xpander kembali normal dan halus tidak seperti suara engine pada waktu pertama kali masuk bengkel.


Jika anda mengalami hal yang sama pada kendaraan mitsubishi xpander anda dengan keluhan mesin kasar.Bisa jadi yang rusak adalah bearing alternator atau dinamo ampernya.Caranya memeriksa seperti yang sudah saya infokan.

Komentar