Hal Yang Menyebab Diesel Engine Susah Hidup Saat Pagi


Permasalahan yang sering terjadi pada kendaraan diesel adalah sulit hidup saat pagi ketika terjadi kerusakan komponen pada glow plugnya.Apa itu glow plug maka di artikel kali ini akan saya bahas mengenai system busi pemanas pada kendaraan diesel.

Jika terjadi keluhan engine saat pagi susah sekali untuk hidup maka dapat dipastikan itu kerusakan ada di busi pemanas.Busi pemanas atau glow plug sering disebut sebagai busi pijar.Dimana komponen ini ada di cylinder head dan ujung busi pemanas masuk ke ruang bakar.

Sehingga saat kondisi kunci kontak kita on kan maka busi pemanas akan menyala.Didalam ruang bakar akan panas dan ketika engine di starter maka injeksi tekanan nozel akan langsung dengan mudah untuk terbakar.Akhirnya diesel engine akan menyala dengan mudah.

Berbeda jika busi pemanas atau glow plugnya sudah rusak maka ujung busi pemanas tidak bisa membara saat kunci kontak on.Alhasil ruang bakar kondisi dingin dan saat terjadi injeksi solar maka solar tidak terbakar dan mesin tidak hidup.

Dengan demikian harus melepas glow plug dan memastikan kondisi glow plugnya masih baik atau rusak.Dengan cara memeriksa busi pemanas diberi aliran listrik untuk jung dengan positif battery dan body busi pemanas dengan ground.Jika busi pemanas tidak membara maka glow plug sudah rusak.

Baca juga Tips mengetahui kapan waktunya ganti kampas kopling pada kendaraan

Harus ganti glow plug tersebut agar engine dapat dengan mudah untuk distarter.Semua kondisi glow pluf harus dicek dan dipastikan semuanya apakah harus ganti atau dipasang kembali.Jika masih ada yang membara maka bisa dipakai kembali untuk hemat budget

Untuk glow plug juga dilengkap relay sehingga cek juga arus yang masuk ke system glow plug.Siapa tahu yang rusak bukan glow plugnya akan tetapi dari tegangan yang masuk ke system glow plug.Dengan sudah mengganti glow plug yang rusak maka pasti trouble akan sembuh.Engine mudah untuk start saat pagi hari.

Info teknik Alasan mengapa water pump perlu direndam saat engine di over houle