Tips Mengetahui Kapan Waktunya Ganti Kampas Kopling Pada Kendaraan


Pada kendaraan bertransmisi manual menggunakan penghubung dari engine ke transmisi untuk disalurkan ke roda adalah menggunakan kopling.Dimana kopling sendiri mempunyai umur dan bisa saja sudah tipis sehingga akselerasi kendaraan akan terlambat.Tenaga engine juga akan berkurang ketika dijalan yang menanjak dan bermuatan.

Begitu dibuat jalan untuk tanjakan maka tenaga engine akan berkurang bahkan bisa saja tidak bisa berjalan dan akhirnya selip.Maka untuk itu diperlukan rasa yang peka terhadap kendaraannya ketika kendaraan sudah berumur.Misalkan dari baru keluar dealer sudah berjalan lima tahun atau lebih belum sama sekali mengganti kampas kopling.

Rasa peka adalah ketika kendaraan di buat akselerasi namun tidak seperti biasanya yaitu kendaraan agak terlambat untuk merespon dari kecepatan engine juga terasa sangat berat saat tanjakan.Tanda-tanda ini merupakan kondisi kampas kopling yang sudah mulai aus sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke bengkel terdekat. 


Jika sudah dilakukan pembongkaran sebaiknya periksa juga clutch cover atau disebut dengan istilah matahari.Kemudian release bearing atau disebut dengan bengkel umum drek laker,jika dilengkapi pilot bearing juga perlu dilakukan pemeriksaan juga.Karena semua komponen lebih baik diganti satu set agar hasilnya sempurna.

Meskipun bearing dalam keadaan baik sebaiknya lakukan penggantian karena letaknya yang didalam dan saat membongkar diperlukan waktu yang lama,maka untuk menghindari kerusakan komponen yang lain setelah dibongkar dan ganti kampas kopling maka ganti secara set.



Komponen yang diganti secara set akan lebih aman dan nyaman dalam berkendara karena part sudah ganti semua dengan yang baru.Meskipun drek laker dan matahari masih dalam keadaan bagus dibandingkan dengan kampas kopling namun dari segi umur mempunyai umur yang sama.Akan tetapi dari kampas kopling yang sudah aus duluan menurut saya lebih baik diganti sehingga fungsional dari komponen kopling akan lebih baik.

Clutch cover atau matahari yang tipe diafragma seperti terlihat pada gambar juga mempunyai umur kelenturan dari diafragma itu sendiri.Karena sering terkena panas dan juga gerakan maka kelenturan akan berubah sesuai umur.Bisa menjadi lebih keras sehingga pedal kopling saat kita menginjak kopling akan terasa sangat berat sekali.

Baca juga Alasan mengapa posisi reservoir mitsubishi L300 pindah lokasi