JANGAN HANYA GANTI KAMPAS REM SAJA JIKA SUDAH TIPIS,CEK BAGIAN INI


Masih masalah seputar rem ya pecinta otomotif,dari sini saya akan bahas mengenai kendaraan yang remnya bermasalah yaitu bunyi abnormal saay dilakukan pengereman.Dari ceritanya ada pelanggan datang ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan rem dan ada keluhan rem bunyi.

Setelah dicek ternyata benar rem mengalami masalah yaitu kampas remnya sudah tipis dan harus segera diganti.bengkel yang berpengalaman itu biasanya tidak hanya ganti rem saja tapi harus dicek kondisi piston remnya,apakah kondisinya tidak lancar pergerakanya atau macet.

Jika piston macet maka gejalanya pada mobil anda yaitu kampas rem sebelah kanan dan kiri kondisi ketebalanya berbeda.Akan terlihat kampas rem yang tipis dikondisi piston yang macet dan kampas yang lainya akan terlihat masih lumayan tebal.

Kadang bengkel itu mau terlihat cepat dan maka asal pasang dan langsung selesai,padahal masalahnya belum selesai karena jika dipasang kampas baru lagi maka kemungkinan rem yg tadinya diganti baru akan cepat habis kembali karena piston tadi masalah utamanya.

Dari sini bengkel harus menjelaskan apakah mau perbaikan rem dengan membongkar pistonya dan memerlukan waktu lama.Atau hanya dipasang kembali nanti akan terjadi hal yang sama yaitu kampas rem cepat habis karena kondisi piston seharusnya di  bongkar untuk pemeriksaan.

Baca juga Jangan anggap sepele tentang system pendingin mobil ( Air Radiator )

Kalau customer tidak menginginkannya maka tidak masalah bisa jadi pelanggan terburu buru dan yang penting di depan kita sudah kasih penjelasan tentang mobilnya ke pelanggan tersebut.Jika dikemudian hari ada hal yang tidak normal contohnya roda ngunci karena piston semakin parah maka itu bukan tanggung jawab dari bengkel.

Para pemilik kendaraan harus tahu bahwa rem merupakan system keamanan yang sangat penting maka perlu anda lakukan service serca berkala agar tidak terjadi kerusakan dijalan.

Komentar