Engine Control Unit ( ECU ) bisa Rusak karena hal sepele ini

 


Musim hujan dan banjir sudah ada dimana mana.mau jalan keluar takut terkena musibah lebih besar karena mesin dan lain lain menjadi rusak akibat banjir tersebut.masalah banjir memang melanda banyak jalan dan membuat kita tidak bisa menghindarinya.

Seperti yang kita tahu banyak mobil yang nerjang banjir terjadi waterhammer akhirnya conecting rod menjadi bengkok dan rusak.Akhirnya harus turun mesin dan biaya yang dikeluarkan juga banyak.Biasanya ketika hal tersebut terjadi karena kondisi banjir yang sangat tinggi dan air sampai masuk ke ruang bakar.

Selain terjadi waterhammer hal lain adalah ketika ketinggian banjir hanya sebatas roda saja tidak sampai masuk ke system engine.Hal yang sangat perlu diwaspadai adalah air membuat konslet komponen kelistrikan.Contohnya pada gambar di atas adalah kondisi Engine Control Unit ( ECU ) yang posisinya dibawah dekat dengan roda sangat rentan terhadap kerusakan dari kena air banjir.

Makanya jika terdapat hal seperti ini jangan sampai masuk ke dalam air atau banjir karena ecu bisa konslet dan membuat rusak.Karena jika rusak untuk biaya perbaikannya itu juga tidak murah apalagi jika harus ganti baru.

Baca juga Lakukan Perawatan Berkala agar terhindar dari kerusakan berat

Jadi untuk teman teman yang mempunyai kendaraan dengan tipe yang menggunakan banyak sensor dan system electrical yang rumit alangkah baiknya jika ada genangan banjir yang kiranya tidak mampu dilewati jangan dipaksakan.


Tips otomotif


Komentar